4 Cara Meningkatkan Ibadah Setelah Lebaran

Nanang Sulaeman
Ilustrasi

KUALITAS taat yang sempat kita tingkatkan selama bulan Ramadhan kemarin tetap kita lanjutkan di bulan-bulan berikutnya meskipun Ramadhan telah berlalu sehingga kita bisa menjadi sosok Muslim yang lebih baik setelah lebaran.

Umat muslim dianjurkan untuk meneruskan amalan-amalan ibadah yang dilakukan di bulan Ramadan saat memasuki bulan Syawal atau pasca lebaran dan bulan-bulan berikutnya. 

Berikut 5 cara meningkatkan ibadah setelah lebaran, sebagaimana dikutip dari laman Okezone .

1. Lanjut puasa-puasa sunah

Setelah bulan Ramadan, lanjutkan dengan puasa enam hari di bulan Syawal. Paling awal adalah pada tanggal 2 Syawal. Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"Siapa pun yang berpuasa di bulan Ramadan dan kemudian mengikutinya dengan enam hari puasa di Syawal telah dilakukan seolah-olah ia berpuasa seumur hidup." (HR Muslim)

Kemudian menjalankan puasa Ayyamul Bidh tiga hari pada tanggal 13, 14, 15 hijriah setiap bulannya. Ganjaran jika melakukan amalan ini seperti berpuasa sepanjang tahun:

"Puasa selama tiga hari dalam setiap bulan sama dengan puasa selamanya." (Al Bukhari dan Muslim)

Selanjutnya Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam biasa berpuasa pada Senin dan Kamis karena pada hari itulah amal ibadah muslimin diangkat kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

2. Sholat malam

Editor : Hadi Widodo

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network