Vietnam Pecahkan Rekor Sejak Ajang SEA Games Tahun 1977

Hadi Widodo
Vietnam Pecahkan Rekor Sejak Ajang SEA Games Tahun 1977 (Foto: Okezone)

Hingga SEA Games 2019, belum ada negara yang bisa memecahkan rekor Indonesia tersebut. Namun, rekor itu resmi dipecahkan oleh Vietnam.

Sementara itu, Vietnam dibuntuti Thailand di posisi kedua. Thailand menutup klasemen akhir dengan koleksi 331 medali dengan rincian 92 emas, 103 perak, dan 136 perunggu.

Lalu, Indonesia finis ketiga dengan koleksi 241 medali. Tercatat, kontingen Merah-Putih meraih 69 emas, 91 perak, dan 81 perunggu. Meski tidak jadi juara umum, pencapaian para atlet Indonesia di SEA Games 2021 patut diapresiasi.

Menariknya, koleksi 205 medali emas Vietnam sekaligus memecahkan rekor Indonesia. Pasalnya, mereka menjadi satu-satunya negara yang bisa meraih medali emas sebanyak itu dalam satu edisi SEA Games.

Vietnam memecahkan rekor medali emas yang dimiliki Indonesia di SEA Games 1997. Kala itu, Indonesia berhasil keluar sebagai juara umum setelah mengoleksi medali emas sebanyak 194. Kontingen Merah-Putih mengalahkan Thailand yang berada di urutan dua (83 emas) dan Malaysia di posisi tiga (55 emas).

Hingga SEA Games 2019, belum ada negara yang bisa memecahkan rekor Indonesia tersebut. Namun, rekor itu resmi dipecahkan oleh Vietnam.

Editor : Hadi Widodo

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network