Sejarah 1 Juni Diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila

Nanang Sulaeman
Sejarah 1 Juni Diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila (Foto: Okezone)

JAKARTA - Tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila,  Penetapan tanggal Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).  bagaimana sejarah lengkapnya?

Dikutip dari Okezone (01/05/2022), Lahirnya Pancasila adalah judul pidato yang disampaikan oleh Presiden Soekarno pada 1 Juni 1945.

Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) atau Dokuritsu Junbi Cosakai mengadakan sidang pertamanya sejak 29 Mei dan selesai tanggal pada 1 Juni 1945.

Rapat tersebut dibuka pada tanggal 28 Mei 1945 dan pembahasan dimulai keesokan harinya pada 29 Mei 1945 bertemakan dasar negara.

Rapat pertama diadakan di Gedung Chuo Sangi In di Jalan Pejambon 6 Jakarta yang kini dikenal dengan sebutan Gedung Pancasila, sebelumnya gedung itu adalah Gedung Volksraad atau Perwakilan Rakyat di era zaman Belanda.

Beberapa hari tidak mendapatkan titik terang, pada 1 Juni 1945, Soekarno mendapat giliran untuk menyampaikan gagasannya tentang dasar negara Indonesia merdeka yang dinamakan Pancasila.

Pidato yang tidak dipersiapkan secara tertulis terlebih dahulu itu diterima secara aklamasi oleh segenap anggota BPUPKI

Kemudian BPUPK membentuk panitia kecil untuk merumuskan dan menyusun Undang-Undang Dasar yang berpedoman pada pidato Soekarno tersebut.

Lalu dibentulah Panitia Sembilan yang terdiri dari Soekarno, Mohammad Hatta, Mr. AA Maramis, Abikoesno Tjokroseojoso, Abdul Kahar Muzakir, Agus Salim, Achmad Soebardjo, Wahid Hasjim, dan Mohamman Yamin untuk ditugaskan merumuskan kembali Pancasila sebagai Dasar Negara berdasar pidato Soekarnopada 1 Juni 1945.

Serta menjadikan dokumen tersebeut sebagai teks untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Setelah melalui persidangan dan lobi-lobi akhirnya rumusan Pancasila hasil penggalian Soekarno berhasil dirumuskan untuk dicantumkan dalam Mukadimah Undang-Undang Dasar 1945.

Kemudian disahkan dan dinyatakan sah sebagai dasar negara Indonesia merdeka pada 18 Agustus 1945 oleh BPUPKI.

Dalam kata pengantar atas dibukukannya pidato tersebut, yang untuk pertama kali terbit pada tahun 1947, mantan Ketua BPUPKI Dr Radjiman Wedyodiningrat menyebut pidato Soekarno itu berisi Lahirnya Pancasila.

Sekarang, tanggal 1 Juni resmi ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi menyampaikan keputusan ini melalui pidato pada peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945, di Gedung Merdeka, Bandung, 1 Juni 2016.

Tanggal 1 Juni kemudian juga ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Editor : Hadi Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network