3 Tokoh Islam yang Terlibat dalam Lahirnya Pancasila

Nanang Sulaeman
Kasman Singodimedjo Tokoh Islam berpengaruh Lahirnya Pancasila (Foto: Wikipedia)

Dalam sidang tersebut, ia memperjuangkan agar Islam menjadi pilar dalam dasar negara. Namun usulan Ki Bagus dan beberapa tokoh Islam lainnya ditolak. Pada 7 September 1954, Ki Bagus meninggal dunia dan dimakamkan di Yogyakarta. Atas jasanya, Ki Bagus Hadikusumo ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo pada 2015.

2. Kasman Singodimedjo

Kasman Singodimedjo adalah tokoh perjuangan kemerdekaan Indonesia. Ia juga menjadi salah satu anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Pria kelahiran Purworejo, 25 Februari 1904 ini termasuk dalam enam orang anggota PPKI tambahan ketika Presiden Soekarno menambah jumlah anggota PPKI dari 21 menjadi 27 orang.

Ketika menjadi anggota PPKI, Kasman mempunyai peran dalam penghilangan tujuh kata dalam naskah pembukaan UUD 1945. Selain itu, Kasman dikenal dari organisasi Muhammadiyah yang turut membentuk Partai Islam Indonesia di Surakarta ketika masih muda.

Ia juga pernah menjadi Ketua Muda Majelis Syuro Muslimin Indonesia (Masyumi). Pada 1945-1946, ia pernah menjadi Jaksa Agung. Kemudian pada November 1947-Januari 1948, ia menduduki posisi Menteri Muda Kehakiman dalam Kabinet Amir Sjafruddin II. Pada 25 Oktober 1982, Kasman Singodimedjo meninggal dunia. Atas jasa yang telah dilakukannya, pada November 2018, Presiden Joko Widodo memberi gelar pahlawan nasional kepada Kasman Singodimedjo.

Editor : Hadi Widodo

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network