Tahukah Anda, Ternyata Green Tea dan Matcha itu Berbeda, Mana yang Lebih Sehat?

Hadi Widodo
Tahukah Anda, Ternyata Green Tea dan Matcha itu Berbeda, Begini Penjelasannya! (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Baik green tea maupun matcha diketahui merupakan jenis teh hijau, namun ternyata keduanya memiliki perbedaan.  Apa saja perbedaanya?

Berikut ini sejumlah perbedaan antara green tea dan matcha yang harus kamu ketahui para pecinta teh.

Green Tea dan Matcha Itu Berbeda, Ini Penjelasannya:

1. Mana yang Lebih Sehat?

Green tea dan matcha sama-sama memiliki nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh karena sama-sama mengandung antioksidan dan antiinflamasi. Namun, matcha yang memiliki kandungan antioksidan lebih tinggi bisa dibilang lebih sehat jika dibandingkan green tea.

Meski begitu, matcha memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi sehingga konsumsi matcha sebaiknya dibatasi. Nah, itulah perbedaan green tea dan matcha yang harus kamu tahu. Kalau kamu lebih suka green tea atau matcha?

2. Dari segi rasa

Dari segi rasa, green tea dan matcha itu berbeda. Green tea memiliki rasa yang lebih dominan ke kesan rasa getir dan sedikit pahit. Green tea juga memiliki kesan rasa yang ringan. 

Sedangkan matcha memberikan kesan rasa manis yang lebih dominan, dengan sedikit rasa pahit yang memberikan kesan rasa sayur hijau. Matcha memiliki rasa yang lebih kompleks dan intens. 

3. Cara Konsumsi

Cara konsumsi green tea dan matcha juga berbeda. Untuk mengkonsumsi green tea, kamu cukup menyeduh kantung teh atau daun teh hijau dengan air panas, rendam sebentar dan baru diangkat.

Sedangkan untuk matcha biasa dibuat dengan mencampurkan 1 sendok teh matcha ke dalam air panas lalu diaduk hingga tidak ada gumpalan. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah teknik penyeduhan. 

Untuk green tea, penyeduhan lebih baik dilakukan di bawah suhu air mendidih, yaitu sekitar 65-70 derajat celcius. Pencelupannya juga tidak boleh terlalu lama, yakni hanya sekitar 20-30 detik.

Matcha juga perlu diseduh di bawah suhu air mendidih, yaitu 80 derajat celcius, sehingga matcha yang dihasilkan tidak terlalu pahit.

4. Beda Kandungan

Green Tea dan Matcha Baik green tea maupun matcha sama-sama memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Namun, matcha memiliki lebih banyak memiliki kandungan antioksidan, kafein, polyphenols, chlorophyl dan L-Theanine.

Hal ini dikarenakan proses matcha yang lebih rumit dan detail sehingga kandungan nutrisinya juga jauh lebih terkonsentrasi dibanding daun teh hijau biasa. Bahkan dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa satu cangkir matcha sama dengan tiga cangkir green tea.

 

Editor : Hadi Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network