get app
inews
Aa Read Next : Sejarah Lahirnya YouTube Tempat Meraup Cuan bagi Konten Kreator Sejagat

Jawed Karim, Pengunggah Video Pertama di Youtube Kini Punya Kekayaan Rp 4,45 triliun!

Selasa, 12 Juli 2022 | 22:13 WIB
header img
Video pertama yang diunggah di Youtube. Foto:IG Jawed Karem

NEW YORK, iNews.id - Jawed Karim, adalah salah satu pendiri Youtube yang juga pengunggah video pertama di Youtube . Kini dia punya kekayaan bersih sekitar Rp 4,45 Tiliun!

YouTube adalah salah satu platform berbagi video tertua dan terpopuler di dunia saat ini. Popularitasnya di Indonesia saat ini bahkan telah menggeser banyak pelaku bisnis dan pemasang iklan di televisi pindah ke channel tersebut.

Youtube didirkan oleh Jawed Karim, Chad Hurley, dan Stve Chan. Jawed Karim adalah pengunggah video pertama dengan judul "Me at the Zoo".

Video itu diunggah pada 23 April 2005 oleh Jawed Karim. Teman SMA-nya, Yakov Lapitsky yang merekam video saat dia berdiri di depan kandang gajah Kebun Binatang San Diego, Amerika Serikat (AS). Saat ini, video dengan durasi 18 detik itu telah dilihat lebih dari 235 juta kali. Ternyata video tersebut adalah video iseng yang dia unggah untuk mengisi kekosongan platform YouTube.

Jawed Karim adalah insinyur perangkat lunak dan pengusaha dari Amerika Serikat (AS). Dia lahir dari pasangan Cristine (Jerman) dan Naimul Karim (Bangladesh) pada 28 Oktober 1979 di Merseburg, Jerman. Ayahnya adalah peneliti Bangladesh yang bekerja di Minnesota Mining and Manufacturing Company. Sedangkan ibunya seorang ilmuwan Jerman yang bekerja sebagai Profesor Riset Biokimia di Universitas Minnesota.

Karim dibesarkan di Neuss, Jerman namun karena keluarganya mengalami xenofobia akhirnya mereka hijrah ke Saint Paul, Minnesota pada 1992. Dia lulus dari Saint Paul Central High School pada 1997, kemudian melanjutkan kuliah ke University of Illinois.

Editor : Muhammad Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut