get app
inews
Aa
Read Next : 81 Jamaah Umroh Noor Alia Pekalongan Siap Berangkat Ke Tanah Suci

Dear Jamaah Haji, Kelebihan Berat Maksimal pada Tas Kabin bakal Dibongkar Petugas Arab Saudi

Senin, 18 Juli 2022 | 15:02 WIB
header img
Dear Jamaah Haji, Kelebihan Berat Maksimal pada Tas Kabin bakal Dibongkar Petugas Arab Saudi (Foto: Okezone)

Ada juga jamaah haji Indonesia yang membawa oleh-oleh dupa hingga boneka unta untuk sang cucu tercinta.

Alhasil, ratusan botol air zamzam hingga barang-barang yang ditinggal jamaah haji berserakan di area plaza Bandara Jeddah, ruang tunggu jamaah haji.

Sementara itu, para petugas dari maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan Saudi Airlines terus melakukan sosialisasi kepada jamaaah haji Indonesia agar tas kabin tidak boleh melebihi berat maksimal 7 kilogram.

Para petugas kedua maskapai ini menggunakan pengeras suara untuk melakukan edukasi hingga larangan yang dibawa di tas kabin. Petugas ini juga memanggil para ketua rombongan agar bisa disampaikan kepada seluruh jamaah.

"Zamzam yang memang tidak diperbolehkan, dikeluarkan dari tas tenteng. Nanti Pak Haji setelah x-ray kedapatan barang dilarang seperti zamzam, gunting maka Pak Haji akan disuruh bongkar," ujar Joni, petugas dari Garuda Indonesia.

Senada, pihak Saudia Airlines meminta jamaah haji mengeluarkan barang berbahaya yang dilarang di tas kabin. Tentu air zamzam juga dilarang dibawa.

"Mulai dari sekarang menyimpan senjata tajam, jarum, peniti, silet, gunting, pisau buah termasuk payung dan besi berani serta air zamzam segera dikeluarkan dari tasnya, untuk keselamatan proses pemulangan bapak ibu sekalian," kata Sukron Kurniawan, perwakilan penerbangan Saudi Arabia.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut