get app
inews
Aa Read Next : 9 Jalan Masuk Kota Mekah Yang Tidak Bisa Dimasuki Dajjal

3 Bandara Indonesia Layani Fast Track, Jamaah Haji 2024 Terbagi 554 Kloter

Senin, 06 Mei 2024 | 13:46 WIB
header img
Jamaah Haji (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsPantura.id  - Penyelengaraan ibadah haji Indonesia tahun 1445 H/2024 M akan berangkatkan sejumlah 241.000 jamaah yang terbagi dalam 554 kelompok terbang (kloter).

Sebanyak 260 kloter dengan Saudia Airlines, 294 kloter terbang dengan Garuda Indonesia.

"Jamaah haji melalui Embarkasi Surabaya tahun ini sebanyak 106 kelompok terbang,” ujar Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Ditjen PHU Kementerian Agama, Saiful Mujab, saat menghadiri Pelantikan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya, di Aula Muzdalifah, Asrama Haji Embarkasi Surabaya.

Artinya kata dia, kloter melalui Embarkasi Surabaya menjadi yang terbanyak dari total 554 kelompok terbang pada tahun ini.

"Semoga penjadwalan slot tidak ada masalah sehingga penyelengaraan haji melalui embarkasi Surabaya berjalan dengan baik,"tuturnya.

Saiful mengatakan, tahun ini embarkasi Surabaya untuk kali pertama mengunakan layanan fast track. Layanan ini adalah sebuah penghargaan yang diberikan Pemerintah Arab Saudi kepada Indonesia.

Arab Saudi menyediakan tiga layanan fast track dalam Mecca Route Haji 1445 H/2024 M, yaitu Bandara Djuanda Surabaya, Adi Soemarmo Solo, dan Soekarno-Hatta Tangerang, Banten.

"Hanya Indonesia yang memiliki tiga layanan fast track di dunia dalam penyelengaraan ibadah haji,"ujar Saiful.

Dengan fast track, lanjut Saiful, jamaah saat turun di Madinah atau Jeddah bisa langsung menuju pemondokan. Ini tentu memberi kemudahan dan kenyamanan kepada jamaah haji Indonesia.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut