get app
inews
Aa Read Next : 7 Kisah Sukses Pengusaha yang Memulai Bisnisnya di Usia Tua, Ada KFC dan Coca Cola

Intip Kisah Pemilik KFC, Pelopor Makanan Olahan Ayam di Dunia

Senin, 25 Juli 2022 | 05:24 WIB
header img
Intip Kisah Pemilik KFC, Pelopor Makanan Olahan Ayam di Dunia (Foto: Okezone)

KESUKSESAN raksasa binis KFC tentunya tidak lepas dari pendirinya. Lantas Siapa sosok pemilik KFC yang gerainya menggurita di seluruh penjuru dunia? 

KFC sendiri menjadi salah satu pelopor makanan olahan ayam yang kini tersebar di belahan dunia dan menjadi makanan favorit cepat saji kebangaan Amerika.

Namun bagaimanakah kisah pendiri KFC serta pemilik KFC dalam dalam menjajaki usaha restoran cepat saji ini? Simak penjelasannya berikut ini. 

Kisah Pendiri KFC

Ia adalah Kolonel Sanders. Pria kelahiran Henryville, Indiana, 9 September 1890 ini memiliki nama asli Harland David Sanders.

Ketika menginjak 16 tahun, Sanders sempat mendaftar menjadi tentara. Di tahun berikutnya Sanders mulai bekerja di stasiun sebagai buruh. Namun pada akhirnya Karena terlibat perkelahian, Sanders kemudian dipecat. 

Sanders diketahui beberapa kali mengalami kegagalan saat bekerja. Sanders pernah menjadi agen asuransi hingga menjual ban, kemudian sekitar tahun 1930 dia mulai bekerja di pompa bensin di Kentucky. Berkat kemampuan memasaknya, ia menyajikan berbagai konsumsi untuk para pengunjung. 

Mamasuki 1939, barulah Kolonel Sanders menemukan resep ayam goreng  menggunakan "11 bumbu rahasia" dan menggorengnya di panci presto.

Hal itulah yang melatarbelakangi Sanders mendapat gelar Kolonel dari gubernur Kentucky.

Namun ia memutuskan untuk menjual resep itu kepada Pete Herman pada tahun 1952. Dari sana ia mendapat royalti.

Dalam usahanya merintis bisnis ini ia juga sempat berjualan dengan berkeliling untuk menawarkan kerjasama ke berbagai restoran. Hal ini ia lakukan dengan sang istri pada tahun 1955.

Berkat usahanya itu di tahun 1964, Sanders memiliki lebih dari 600 cabang franchise di berbagai daerah. Dan mulai dikenal masyarakat luas tepatnya pada tahun 1966, bahkan KFC masuk ke bursa saham New York.

Berakhir di tahun 1971 KFC dibeli oleh Heublein Inc. seharga US$ 285 juta. Dari sanalah KFC mulai merambah ke luar negeri hingga berhasil membuka lebih dari 3.500 gerai di seluruh dunia.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut