get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh Pemuda ini Rela Bertaruh Nyawa demi Kemerdekaan Indonesia

Tokoh Keturunan Arab yang Berjasa dalam Kemerdekaan Indonesia

Sabtu, 06 Agustus 2022 | 15:11 WIB
header img
Tokoh Keturunan Arab yang Berjasa dalam Kemerdekaan Indonesia (Foto: Okezone)

SEJUMLAH tokoh keturunan Arab itu aktif dan berperan langsung dalam pembangunan bangsa Indonesia. Mereka bergerak di sejumlah bidang, mulai seni, budaya hingga politik.

Berikut adalah tokoh-tokoh keturunan Arab yang berjasa dalam kemerdekaan Indonesia.

1. Abdurrahman Baswedan

Abdurrahmah Baswedan atau AR Baswedan adalah salah satu tokoh keturunan Arab yang ikut berpartisipasi dalam kemerdekaan Indonesia. Melansir Okezone, AR Baswedan mengajak masyarakat keturunan Arab lainnya untuk turut berjuang menggapai kemerdekaan. Pria kelahiran Surabaya tahun 1908 itu rupanya adalah kakek Gubernur DKI Jakarta saat ini, Anies Baswedan.

Semasa hidup, AR Baswedan pernah bekerja sebagai wartawan di sebuah surat kabar. Meskipun keturunan Arab, namun secara tegas ia menunjukkan sikap ke-Indonesia-annya dan tampil menggunakan blangkon serta beskap. Sejarah mencatat, AR Baswedan pernah menjadi bagian BPUPKI dan turut bergabung dalam tim Agus Salim ketika berkeliling ke Timur Tengah sampai Indonesia mendapatkan pengakuan dari Mesir.

2. Habib Idrus bin Salim Al-Jufri

Habib Idrus bin Salim Al-Jufri atau Guru Tua merupakan seorang ulama dan pejuang yang mencurahkan hidupnya untuk pembangunan bangsa di bidang pendidikan dan dakwah Islam. Ia membangun basis pendidikan di wilayah Sulawesi Tengah.

Pria asal Hadramaut kelahiran 15 Maret 1892 itu melakukan kunjungan pertamanya ke Indonesia saat berusia 17 tahun. Kunjungan keduanya dilakukan pada 1922 dan menetap di Pekalongan, Jawa Tengah. Untuk menyambung hidup, ia berjualan batik dan pindah ke Solo untuk menjadi guru di sebuah madrasah.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut