get app
inews
Aa Read Next : Puisi Perjuangan Karya WS. Rendra

5 Tokoh Pemuda ini Rela Bertaruh Nyawa demi Kemerdekaan Indonesia

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 07:04 WIB
header img
Jenderal Soedirman (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsPantura.id - Demi mempertahankan wilayah Indonesia dari tangan penjajah dan memperjuangkan kemerdekaan bangsa dibutuhkan pengorbanan tokoh-tokoh bangsa meski nyawa jadi taruhannya.

Berikut adalah tokoh-tokoh pemuda dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia:

 

5. Daan Mogot

Nama Daan Mogot mungkin kurang dikenal dalam perjuangan kemerdekaan. Tokoh yang namanya dijadikan nama jalan di Jakarta Barat ini merupakan pejuang pada Pertempuran Lengkong yang terjadi di Desa Lengkong Wetan, Kecamatan Serpong, Tangerang.

Aksi tersebut bertujuan untuk melucuti senjata tentara Jepang. Daan Mogot dan pasukan menjalani misi itu karena tidak ingin kawasan Parung dikuasai oleh pasukan NICA (Netherlands Indies Civil Administration) pada 24 Januari 1946.

Daan Mogot juga tergabung sebagai anggota Pembela Tanah Air (PETA) di Bali dan Jakarta pada 1942-1945. Pemuda ini lahir pada 28 Desember 1927 dan wafat saat berusia 18 tahun pada Pertempuran Lengkong.

 

4. Jenderal Soedirman

Jenderal Soedirman adalah tokoh yang memimpin perang gerilya untuk mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia. Saat itu, Soedirman sedang menderita sakit paru-paru (TBC), namun dirinya tetap berjuang demi kemerdekaan Indonesia.

 

Saat Belanda melanggar perjanjian Renville, Soedirman tidak tinggal diam. Ia diincar oleh Jenderal Simons Spoor, panglima tentara Belanda yang memimpin Agresi Militer II. Panglima tentara Belanda menyerang Yogyakarta saat masih menjadi ibu kota Indonesia.

 

Soedirman pun diperintah untuk istirahat dan bersembunyi oleh Presiden Soekarno. Namun dirinya memilih melakukan perang gerilya dengan dibantu tandu. Usaha dan pengorbanannya tidak sia-sia karena berhasil mengelabui pihak Belanda.

Serangan Soedirman dikenal sebagai peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949. Soedirman, Panglima besar TNI pertama, lahir di Purbalingga, 24 Januari 1916. Ia dikenal dengan jiwa pantang menyerah demi membela bangsa.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut