get app
inews
Aa Read Next : Operasi Pasar Murah untuk Tekan Laju Inflasi

Duh! Sri Mulyani Prediksi Ekonomi Global Makin Terpuruk Gara-gara Ini

Selasa, 09 Agustus 2022 | 11:56 WIB
header img
Duh! Sri Mulyani Prediksi Ekonomi Global Makin Terpuruk Gara-gara Ini (Foto: IDXChannel)

MENINGKATNYA risiko stagflasi, ketidakpastian pasar keuangan global, tekanan inflasi, dan situasi geopolitik, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meramal ekonomi global ke depan semakin melambat alias drop.

“Lingkungan global kita akan menjadi melemah, sementara tekanan inflasi justru meningkat,” ungkap Sri dalam keterangan pers usai Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (8/8/2022).

Sri menjelaskan, IMF menurunkan proyeksi ekonomi global dari 3,6% ke 3,2% untuk tahun 2022 dan tahun 2023 akan lebih lemah lagi dari 3,6% ke 2,9%. Kemudian lembaga keuangan internasional itu juga memprediksi inflasi negara maju tahun 2022 akan naik hingga 6,6% dan negara-negara berkembang akan berada pada level 9,5%.

“Dengan adanya kenaikan inflasi yang sangat tinggi di negara maju, terjadi reaksi dari sisi kebijakan moneter dan likuiditas yang diperketat. Ini memacu apa yang disebut capital outflow dan volatilitas di sektor keuangan. Inilah yang harus kita terus kelola di dalam negeri,” kata Sri.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut