get app
inews
Aa Read Next : Aisy Zivana Zaneta, Siswa SMA 1 Pekalongan Lolos program beasiswa Pertukaran Pelajar Internasional

Bersiaplah untuk Raih Program Beasiswa Studi Perguruan Tinggi di Jepang, ini Daftarnya!

Minggu, 14 Agustus 2022 | 10:25 WIB
header img
Deretan besiswa perguruan di Jepang yang bisa Anda coba (Foto: Pinterest)

 

Program beasiswa ini hanya ditujukan untuk lulusan SMA jurusan IPA dan IPS, sedangkan lulusan SMK dan SMA Bahasa tidak dapat mendaftar.

 

Para penerima beasiswa akan menghabiskan 18 bulan pertama untuk belajar bahasa Jepang, kemudian akan dilanjut selama 4 tahun untuk kuliah.

 

Jadi, total waktu yang dihabiskan untuk masa studi adalah 5,5 tahun.

 

Terdapat banyak keuntungan yang ditawarkan beasiswa ini seperti tiket pesawat pulang dan pergi, biaya pendidikan, biaya kedatangan, akomodasi, hingga asuransi. Selain itu, penerima beasiswa juga akan mendapat uang bulanan hingga ¥45.000.

 

3. Program Specialized Training College (Senshu)

 

Program yang ditawarkan pemerintah Jepang ini terbuka lebar bagi lulusan SMA/SMK/Sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke Specialized Training College.

 

Specialized Training College merupakan sekolah yang mempelajari keahlian khusus di bidang tertentu yang berjalan selama dua tahun.

 

Setelah lulus, penerima beasiswa dapat melanjutkan program S1 sebagai mahasiswa tingkat tiga.

 

Sama seperti beasiswa-beasiswa sebelumnya, para siswa akan mempelajari bahasa Jepang selama satu tahun sebelum masuk college.

 

Terdapat beragam fasilitas yang ditawarkan dari beasiswa ini seperti biaya sekolah, tiket pesawat, hingga tunjangan hidup sebesar ¥117.000 per bulan.

 

4. Program College of Technology (KOSEN)

 

KOSEN adalah beasiswa yang ditujukan bagi lulusan pelajar IPA yang ingin melanjutkan pendidikan ke College of Technology (Koto Senmon Gakko).

 

Beasiswa ini masih menjadi bagian dari program Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang. Untuk lulusan SMA, beasiswa ini hanya menerima siswa yag berasal dari jurusan IPA.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut