get app
inews
Aa Read Next : DLH Tumbuhkan Peduli Lingkungan Anak Dengan Program Sirami

Aisy Zivana Zaneta, Siswa SMA 1 Pekalongan Lolos program beasiswa Pertukaran Pelajar Internasional

Sabtu, 01 Juli 2023 | 11:28 WIB
header img
Aisy Zivana Zaneta, Siswa klas 11 SMA 1 Pekalongan

Kota Pekalongan,iNewsPantura.id - Aisy Zivana Zaneta (16), siswa SMA Negeri 1 Kota Pekalongan lolos ikut program beasiswa pertukaran pelajar internasional, Indianapolis, Amerika Serikat.

Pelajar kelas 11 itu  menjadi satu satunya pelajar dari Kota Batik yang berhasil menembus ketatnya rangkaian seleks Kennedy Lugar Youth Exchange & Study Program (KL YES). Dengan demikian, Agustus mendatang, Aisy bakal berangkat ke Indianapolis, Amerika Serikat. Keberangkatan pelajar cantik itu akan mengikuti program beasiswa pertukaran pelajar internasional.

"Siswi kami, Aisy Zivana Zaneta berhasil menjadi finalis KL YES. Insyaallah awal Agustus 2023, Aisy Zivana akan ke Amerika Serikat," kata Kepala SMAN 1 (SMANSA) Kota Pekalongan, Yulianto Nurul Furqon, M.Pd.

Yulianto menuturkan, sukses Aisy Zivana Zaneta diawali dengan mengikuti rangkaian seleksi ketat secara adminisrasi, kemampuan mata pelajaran, wawancara, kesehatan dan lainnya yang disyaratkan dalam program KL YES 2023-2024. Akhirnya, dari Jawa Tengah, hanya empat pelajar yang dinyatakan lolos, salah satu di antaranya dari kota Batik.

Dia berharap, Aisy bisa mengikuti program pertukaran pelajar ini sebaik-baiknya, sehingga, nantinya bisa menginspirasi para siswa SMANSA maupun para pelajar lainnya.

Umar Izzuddin, Wali kelas 11 IPA 4 SMANSA menyebut, capaian didiknya, Aisy menjadi finalis program KL YES 2023/2024 ke Amerika Serikat sangat membanggakan.

"Ini capaian yang luar biasa. Selama ini, Aisy Zivana berhasil memperoleh nilai yang bagus dalam pelajaran dan berperan aktif dalam kegiatan siswa di sekolah. Aisy berjiwa kepemimpinan yang bagus, terbukti menjadi Ketua Majelis Perwakilan Kelas (MPK), Aisy juga aktif di ektrakulikuler seperti Basket dan KIR," tutur Umar Izzuddin.

Rencananya, Aisy akan terbang ke AS dan menimba ilmu di sekolah setingkat SMA di Indianapolis, AS dan menjalani program saling mengenal budaya, menjembatani budaya Indonesia dan AS yang berbeda.

"Semoga Aisy memegang teguh budaya Indonesia yang bermartabat, ikut aktif mengenalkan budaya Indonesia pada masyarakat Anerika dan menjadi "duta budaya dan persahabatan. Saya percaya Aisy mampu beradaptasi di AS karena Aisy punya mental kuat, kompetensi serta mampu berkomunikasi dengan baik," imbuh Umar Izzuddin.

Aisy Zivana yang ditemui mengaku bersyukur bisa lolos serangkaian seleksi ketat program KL YES 2023-2024 ke Amerika Serikat. Siswi, warga Perum Pisma Griya Asri, Denasri Wetan, Kabupaten Batang ini.pernah meraih juara menulis essai serta cipta puisi.

Pelajar umur 16 tahun itu meminta doa restu semua pihak, utamanya seluruh keluarga, bapak ibu guru serta keluarga besar SMANSA agar bisa melaksanakan tugas dengan lancar.***

Editor : Trias Purwadi

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut