get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh Pemuda ini Rela Bertaruh Nyawa demi Kemerdekaan Indonesia

Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia beserta Tokoh dan Sejarahnya

Rabu, 17 Agustus 2022 | 21:31 WIB
header img
Teks Proklamasi kemerdekaan dan sejarahnya (Foto: iNews)

 

Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus

 

Dilansir dari laman setneg.go.id, Detik-Detik Proklamasi Hari Jumat di bulan Ramadhan, pukul  05.00 pagi, fajar 17 Agustus 1945 memancar di ufuk timur. 

 

Para pemimpin bangsa dan para tokoh pemuda keluar dari rumah Laksamana Maeda, dengan diliputi kebanggaan setelah merumuskan teks Proklamasi hingga dinihari. Mereka, telah sepakat untuk memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia hari  itu di rumah Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta, pada pukul 10.00 pagi. 

 

Bung Hatta sempat berpesan kepada para pemuda yang bekerja pada pers dan  kantorkantor berita, untuk memperbanyak naskah proklamasi dan menyebarkannya ke seluruh dunia (Hatta, 1970:53).

 

Bendera yang dijahit dengan tangan oleh Nyonya Fatmawati Soekarno sudah disiapkan. Bentuk dan ukuran bendera itu tidak standar, karena kainnya berukuran tidak sempurna. Memang, kain itu awalnya tidak disiapkan untuk bendera.   

 

Rumah Soekarno telah dipadati oleh sejumlah pemuda dan rakyat yang berbaris teratur. Matahari semakin tinggi, Proklamasi belum juga dimulai.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut