get app
inews
Aa Read Next : Makin Canggih! Samsung bakal Gunakan UI Terbaru untuk Galaxy S22

6 Cara Memperbaiki Jaringan Internet di Android 

Minggu, 28 Agustus 2022 | 14:31 WIB
header img
6 Cara Memperbaiki Jaringan Internet di Android  (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsPantura. id -  Berikut 6 Cara Memperbaiki Jaringan Internet di Android  agar tetap lancar dalam bekarja di  era digital seperti sekarang. Jika jaringan mengalami masalah tentu saja bisa mengganggu aktivitas. 

Jika Anda mengalami masalah internet, jangan panik dulu. Beruntung, ada sejumlah solusi yang dapat Anda gunakan untuk menyelesaikan masalah jaringan ini. 

Berikut 6 Cara Memperbaiki Jaringan Internet di Android 

1. Restart Perangkat
Jika Anda mengaktifkan banyak tab secara bersamaan dan mengalami koneksi internet melambat. Langkah pertama tutup semua tab yang terbuka di perangkat. Selanjutnya, restart perangkat.

2. Pindah Lokasi
Berbicara soal memperbaiki koneksi internet, Anda dapat mencoba untuk bergerak. Mungkin ada beberapa lokasi di lingkungan Anda yang memungkinkan koneksi internet lebih stabil dan lancar, sebagaimana dikutip dari Carl Care. 

3. Pastikan Baterai Terisi dengan Baik
Terkadang saat bertanya-tanya bagaimana cara memperbaiki koneksi internet atau masalah wifi, sebenarnya tidak ada masalah kecuali baterai lemah. 

Di beberapa perangkat, saat baterai hampir habis, sistem merepons dengan mengaktifkan mode penghemat data, sehingga memperlambat data dan koneksi internet untuk mengurangi konsumsi daya. 


4. Nonaktifkan Data Saver atau Low Data Mode
Smartphone memiliki fitur yang memungkinkan pengguna mengaktifkan mode hemat data untuk mengurangi penggunaan data. Ini bisa menjadi respons terhadap baterai rendah di perangkat, tapi setelah fitur diaktifkan, koneksi internet melambat. 

Setelah fitur dimatikan, Anda akan melihat peningkatan dalam koneksi internet Anda. Anda dapat menyalakan kembali fitur jika khawatir seberapa banyak data dikonsumsi di perangkat. 

5. Putuskan sambungan VPN Anda
VPN baru-baru ini menjadi populer karena keinginan pengguna untuk anonimitas dan privasi, tetapi ketika Anda terhubung ke server jarak jauh, itu bisa memperlambat kecepatan Anda. 

Jika ponsel Anda terhubung ke VPN apa pun, putuskan sambungannya dan coba jelajahi lagi. Ini akan segera memperbaiki koneksi internet yang lambat. Anda dapat menyambung kembali ke VPN nanti jika diinginkan.

6. Reset Pengaturan Jaringan di Ponsel Anda
Langkah lain yang dapat dicoba adalah mengatur ulang pengaturan jaringan Anda. Ini biasanya memerlukan kode sandi perangkat atau kode PIN agar proses selesai, jadi pastikan Anda memiliki data ini di dekat Anda.

Peringatan lain adalah itu akan mengatur ulang titik akses Wi-Fi dan perangkat Bluetooth Anda, jadi Anda harus menyambungkan kembali ke jaringan Wi-Fi dan perangkat Bluetooth yang disimpan nanti.
Selamat Mencoba

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut