get app
inews
Aa Read Next : Bacaan Doa setelah Sholat Gerhana Bulan Latin & Artinya

Bacaan Niat & Tata Cara Mandi Taubat Sesuai Sunnah Lengkap dengan Artinya

Senin, 22 November 2021 | 19:01 WIB
header img
Ilustrasi tata cara mandi taubat dan bacaan niatnya.(Foto:Ist)

6. Membasuh dan memcuci sela rambut dengan menyematkan jari dengan air ke setiap sela rambut sampai kulit kepala, tetapi ada beberapa pendapat hal ini tidak sepenuhnya mutlak dilakukan.

7. Menuangkan air sebanyak tiga kali pada kepala mulai dari bagian kepala kanan kemudian ke kiri. 

8. Membasuh seluruh tubuh dimulai dari kanan kemudian ke kiri. 

9. Membasuh kaki dan sela jari kaki.

Setelah melaksanakan mandi taubat dianjurkan melaksanakan shalat taubat dua rakaat, dilanjutkan berdzikir dengan banyak membaca istighfar, memanjatkan doa taubat dan bersedekah.

Hukum Mandi Taubat 

Dikutip dari laman pecihitam.org, Imam Syafi’i dan ulama Syafiiyah serta Abu Hanifah menjelaskan bahwa hukum mandi taubat ialah Sunnah dan bukan wajib baik bagi orang yang baru masuk Islam ataupun bagi orang yang melakukan perbuatan maksiat dan karenanya jika seseorang baru masuk Islam atau melaksanakan dosa besar maka disunnahkan untuk melakukannya meskipun tidak diwajibkan.

Karena hal tersebut saat zaman Rasulullah SAW ketika ada seorang yang baru masuk Islam atau baru saja melakukan dosa besa Beliau tidak pernah menyuruhnya untuk mandi taubat dan hal tersebut menunjukkan bahwa tidaklah wajib tetapi hanya sunnah.

وغسل التوبة مستحب‌ وليس بواجب ، سواء كانت عن كفر أو فسق عند علمائنا ـ وبه قال الشافعي ، وأبو حنيفة لأن العدد الكثير من الصحابة أسلموا ، فلو وجب الغسل لنقل نقلا متواترا ، أو مشهورا.

Artinya: “Dan mandi taubat hukumnya ialah sunnah bukan wajib, baik mandi wajib dari kekufuran ataupun dari kefasikan menurut ulama kami, inipun yang dikatakan oleh Imam Syafii dan Imam Abu Hanifah karena dahulu banyak sahabat yang masuk Islam dan jika mandi taubat wajib maka hal tersebut akan disampaikan secara mutawatir atau masyhur.” (Lihat: Tazkiratul Fuqaha, Abu Manshur Jamaluddin).

Editor : Kastolani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut