get app
inews
Aa
Read Next : Harga Komoditas Bergejolak! Jokowi Perintahkan Menteri Perangi Inflasi Pangan yang Menggila

Viral Uang Tabungan Puluhan Juta Rupiah untuk Daftar Haji Dimakan Rayap, Apakah Bisa Ditukar?

Kamis, 15 September 2022 | 09:45 WIB
header img
Viral Uang Tabungan Puluhan Juta Rupiah untuk Daftar Haji Dimakan Rayap, Apakah Bisa Ditukar? (Foto : Inews)

JAKARTA -Sejumlah Uang  pecahan Rp50.000 dan Rp100.000  milik pak Samin penjaga Sekolah Dasar di Solo  rusak dimakan rayap, sejatinya uang tabungan tersebuat  akan digunakan oleh Pak Samin dan istri untuk daftar haji hasil menabung 2,5 tahun terakhir. Lantas apakah Uang Puluhan Juta Rupiah yang dimakan rayap tersebut bisa ditukar?

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Surakarta Nugroho Joko Prastowo mengatakan akan mengganti uang yang rusak selama memenuhi syarat, salah satunya ukuran uang rusak minimum 2/3 dari ukuran penuh.

Dia menyebut uang yang hilang karena dimakan rayap tidak bisa ganti, namun jika uang rusak akibat dimakan rayap masih bisa diganti selama memenuhi syarat.

"Kenapa begitu, karena kalau minimum setengahnya bisa jadi malah terjadi dobel klaim. Selanjutnya, kalau uang sudah terpisah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyusun lembaran demi lembaran apakah uang ini masih berukuran 2/3 atau tidak. Tugas beratnya adalah menyusun lembaran-lembaran kecil yang terpisah," katanya seperti dilansir Antara, Rabu (14/9/2022).

Dia juga mengatakan yang menyusun uang harus pemilik, karena yang menabung dari awal.

"Tidak kami lakukan, karena nanti pasti ada selisih dari waktu awal, jadi yang bersangkutan saja yang menyusun. Yang sudah disusun dibawa ke BI, selanjutnya kami cek dan tukar yang baru (selama memenuhi syarat)," jelasnya.

Samin mengaku memiliki firasat buruk terkait uang yang ditabungnya.
Oleh karena itu, dia meminta istrinya untuk segera membuka dan menghitung hasil tabungan.

Namun, saat akan dibuka justru muncul rayap dari dalam celengan.

"Saya kebetulan punya celengan dua, yang satu masih utuh, karena celengan baru. Kalau yang rusak ini celengan lama, tapi karena sudah penuh saya pakai celengan yang baru. Kalau yang satu isinya sebesar Rp49,8 juta, kemungkinan celengan yang rusak ini lebih dari itu, karena lebih banyak isinya," jelasnya.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut