get app
inews
Aa
Read Next : Berakhir Masa Jabatannya, Nama Penjabat Pengganti Anies Basweden Segera Diumumkan

Anies Basweden Pamerkan 13 Capaian Kerja Selama Jadi Gubernur DKI

Kamis, 22 September 2022 | 09:41 WIB
header img
Anies Basweden Pamerkan 13 capaian kerja selama jadi Gubernur DKI Jakarta . Foto : IG Anies Basweden

Berikut capaian yang dipamerkan Anies selama lima tahun menjabat menjadi Gubernur DKI Jakarta :

1. Pengguna Transportasi Umum Meningkat
Anies mengatakan beberapa hal yang dilakukan selama beberapa tahun terakhir ini, pertama adalah soal transportasi umum meningkat. Peningkatan jumlah penumpang dalam dua tahun terakhir jika dibandingkan dengan tahun 2018. Dimana di tahun 2017 hanya terdapat 144 juta penumpang, lalu meningkat di tahun 2019 menjadi 288 juta penumpang.

Sementara jumlah penumpang harian tertinggi terjadi pada 2020 yaitu sebesar 1.006.579 penumpang. “Kita ga usah bangga armada nambah, karena punya uang untuk beli itu, kalau penumpangnya naik 3 kali lipat berarti terjadi perubahan perilaku masyarakat yang semula naik kendaraan pribadi menjadi naik kendaraan umum. Ini contoh,” katanya.

2. Layanan Transportasi Melonjak
Anies mengatakan layanan transport melonjak 2 kali lipat hingga 85% coverage dimana pada tahun 2017 hanya 42%. “Itu yang menjadi orang mau naik kendaraan umum. TomTom traffic index, peringkat kemacetan penurunanan 2017 termacet ke-3, 2021 di (posisi) 46. Dapet sustainable transport award 2021,” ungkap Anies.

3. Pengendalian Banjir
Anies mengatakan saat ini dunia sedang mengalami tantangan climate change yaitu curah hujan intensitas tinggi bisa terjadi dalam waktu amat pendek di berbagai dunia termasuk di Jakarta. Langkah yang dilakukan Anies yakni membangun 6 waduk, melakukan peningkatan kapasitas di 4 sungai, pengerukan 8 ruas sungai, membangun 28 ribu sumur resapan, membuat 9 pompa air dan membangun tanggul pantai sepanjang 2 kilometer untuk mencegah banjir rob. “Ada KPI kinerjanya, kalau ada kejadian banjir KPI nomor 1 tidak ada korban jiwa KPI 2 dalam 6 jam sudah surut, 6 jam usai hujan surut,” katanya.

Editor : Muhammad Burhan

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut