Logo Network
Network

Anies Basweden Pamerkan 13 Capaian Kerja Selama Jadi Gubernur DKI

Ariq Hibatulloh
.
Kamis, 22 September 2022 | 09:41 WIB
Anies Basweden Pamerkan 13 Capaian Kerja Selama Jadi Gubernur DKI
Anies Basweden Pamerkan 13 capaian kerja selama jadi Gubernur DKI Jakarta . Foto : IG Anies Basweden

4. Layanan Air Bersih
 Anies mendorong penyediaan supply air bersih untuk masyarakat Jakarta. “Salah satu cara yang kita dorong, Jakarta ada air bersih, pengelolaan sepenuhnya ada di PDAM PAM JAYA, harapannya bisa sepenuhnya bergerak dengan lebih cepat. Kios air untuk memastikan bahwa kampung-kampung sulit air bisa mendapatkan suplai air yang bersih,” tegasnya.

5. Hunian Untuk Warga Jakarta
 Anies mengatakan pemerintah DKI menyediakan layanan untuk memfasilitasi warga yakni penataan kampung, rumah susun sederhana sewa, hunian vertikal DP Rp 0, dan hunian terjangkau di dekat transportasi umum (TOD). Anies mengatakan pihaknya telah membangun ruang terbuka hijau yang berkualitas secara merata. “Harus menambah tempat hijau, sisi lain harus bersyukur, bahwa di kita ini selama 5 tahun terakhir ada pembangunan dan revitalisasi 428 taman, 29 hutan kota dan menanam 140 ribu pohon,” katanya.

6. Integrasi Antar Moda
Integrasi ini diantaranya dibangun 9 simpul integrasi antarmoda, 12 JPO baru, dan revitalisasi dan interkoneksi bawah tanah pertama ke MRT.

7. Bangun 241 km trotoar, 103 km jalur sepeda, 67 fasilitas peminjaman sepeda
 Anies mengatakan selama 5 tahun telah dibangun 241 km trotoar, 103 km jalur sepeda, 67 bike sharing (sampai 2021). “Ada satu aspek yang ingin saya garis bawahi, kebiasaan untuk melakukan mobilitas secara sehat, kalau kita bangun kota car oriented maka tidak akan bangun trotoar.” “Ini lebih setara kalau jalan di trotoar ga ada pangkat dan jabatan. Dibalik tujuan pembangunan infra keras ada tujuan psikologis yang akan dicapai. Kota adalah tentang manusia, kota adalah tentang masyarakat, kota bukan tentang fisik bangunan,” katanya.

8. Revitalisasi Kota Tua dan pengadaan zona rendah emisi
Anies mengatakan transformasi Kota Tua di Kawasan Batavia menjadi contoh kota tua yang mencerminkan masa depan. “Harapannya sebutan lama kota tua, kota tua yang mencerminkan kota masa depan, dikonversi yang dulunya kendaraan bermotor menjadi lebih ramah lingkungan,” katanya.

9. Merevitalisasi dan membangun kawasan budaya
Anies mengatakan bahwa kota adalah soal budaya, oleh karena itu tempat kegiatan kesenian kebudayaan harus difasilitasi. “Jangan sampai Jakarta menjadi kota mencari penghidupan, tapi Jakarta adalah kota kehidupan, ada fasilitas seni budaya cermin kota Jakarta sebagai sentral kebudayaan dunia.” “TIM sedang finishing beberapa hari lagi kita akan ada peluncuran, dan ini harapannya menjadi tonggak penting atau ekosistem yang bisa melahirkan karya-karya hebat, menumbuhkan seniman-seniman yang bisa nanti menjadi empu baru yang punya bobot karya seni melampaui Jakarta,” katanya.

Follow Berita iNews Pantura di Google News

Halaman : 1 2 3 4
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.