get app
inews
Aa Read Next : Kendalikan Banjir,  DPUPR Lakukan Penataan Drainase

Tidak hanya Influenza Beberapa Penyakit Disebabkan Hujan Dan Banjir

Jum'at, 07 Oktober 2022 | 11:17 WIB
header img
penyakit dapat ditularkan melalui air hujan dan banjir (Foto: Istimewa/doc.iNews.id)

Jakarta, InewsPantura.id-  Bunda harus waspada, tidak hanya Influenza  ternyata beberapa Penyakit ini disebabkan oleh hujan dan banji, sehingga anak anak tidak dianjurkan bermain saat hujan  karena penyakit dapat ditularkan melalui air hujan dan banjir.

Dokter Spesialis Anak Sub Spesialisasi Penyakit Infeksi Tropik dan Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia, Dr. Nina Dwi Putri, SpA(K), MSc (TropPaed), menjelaskan, ada beberapa mode penularan yang disebabkan oleh hujan dan banjir.

"Beberapa penyakit dapat ditularkan melalui air yang terkontaminasi dan higienitas lingkungan tempat tinggal yang bisa memburuk akibat hujan atau banjir," ujar Dokter Nina dikutip dari Okezone 07/11/2022.

Lantas apa saja penyakit yang dapat menyerang anak-anak selama musim hujan. 


1. Infeksi saluran cerna

Sistem pembuangan limbah yang buruk, kebersihan yang tidak terjaga, kepadatan penduduk, dan konsumsi air yang tidak sehat saat banjir turut menyebabkan infeksi pada saluran cerna.

Untuk menghindari infeksi dari makanan dan air yang terkontaminasi, minta anak-anak untuk minum yang bersih dan matang, serta makan makanan yang sehat
 

2. Dengue

Genangan air dapat digunakan sebagai tempat perkembangbiakan nyamuk dan berpotensi meningkatkan paparan infeksi dengue. Infeksi virus dengue adalah salah satu penyakit umum yang menyerang anak-anak dan orang dewasa di musim hujan. Itu terjadi di daerah tropis.

Gejala demam berdarah termasuk ruam, demam tinggi, dan lainnya. Terapkan 3M plus untuk memberantas sarang nyamuk dan menghindari gigitan nyamuk

3. Infeksi jamur

Karena kulit menjadi lembab dan basah sepanjang waktu, kemungkinan terjadinya infeksi jamur cukup tinggi. Kulit harus tetap kering sepanjang waktu.

Minta anak-anak Anda untuk mengeringkan diri setelah pulang. Jamur sering berkembang biak ketika kulit lembab dan tidak terkena udara.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut