get app
inews
Aa Read Next : DLH Tumbuhkan Peduli Lingkungan Anak Dengan Program Sirami

Kendalikan Banjir,  DPUPR Lakukan Penataan Drainase

Jum'at, 24 Maret 2023 | 15:09 WIB
header img
ilustrasi pengendalian banjir

Pekalongan,iNewsPantura.id- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) tahun 2023 kembali melanjutkan sejumlah proyek pengendalian banjir dan rob Kota Pekalongan.

"Untuk program kami dalam rangka pengendalian banjir anggaran yang besar adalah penataan drainase kecamatan Pekalongan Utara Rp 20 miliar sudah selesai dan relatif bisa mengatasi banjir di kanan kiri jalan Kusuma Bangsa dan jalan WR Supratman," Sekretaris DPUPR, Khaerudin.

Tahun 2023, pihaknya melanjutkan pengerjaan terutama untuk subsistem Banger lama dan Hilir di Kecamatan Pekalongan Timur, drainase yang mengarah ke Kali Banger dengan total anggaran Rp 10 miliar dari dana Bankeu Provinsi Jawa Tengah.

Kemudian bersumber dana APBD Kota akan dilakukan pembangunan stasiun pompa di Kelurahan Pasir Kraton Kramat (PKK), posisinya di sebelah barat Kali Bremi Pasirsari RW 04 atau di seberang stasiun pompa Kramatsari. "Di sana direncanakan dibangun kolam retensi dan stasiun pompa kapasitas 500 lt/detik dengan anggaran Rp 2 miliar," sambungnya.

Disamping itu, beberapa titik lain ada juga kegiatan untuk penataan drainase seperti di kelurahan Panjang Baru, Kandang Panjang, kegiatan lanjutan saluran kelurahan Bandengan danJalan Progo. Kemudian titik yang lain masih di kawasan rawan banjir seperti di Panjang Wetan dan beberapa di wilayah lain yaitu Tirto terutama difokuskan di Kampung Baru.

"Termasuk rencana pembangunan stasiun pompa Tirto Kampung Baru untuk mengatasi banjir di wilayah di kawasan jalan Kurinci dan sekitarnya yang selama ini tergenang, arah alirannya ke Kali Bremi. Jadi di pertemuan jalan Slamet ke Kali Bremi dibuat pintu air dan pompa, ketika Breminya naik pintu air ditutup, ketika surut dibuka, ketika hujan besar akan dioperasionalkan," tukasnya.

Dengan sejumlah pengerjaan yang dilakukan, Khaerudin berharap masyarakat Kota Pekalongan bisa bersabar dan terus mendukung pemerintah menyelesaikan penataan drainase dalam penanganan banjir dan rob.**

Editor : Trias Purwadi

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut