get app
inews
Aa Read Next : Aisy Zivana Zaneta, Siswa SMA 1 Pekalongan Lolos program beasiswa Pertukaran Pelajar Internasional

Gahar! Tank Tempur Masa Depan AS ini Dilengkapi AI dan Mesin Hybrid Diesel Listrik

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 01:38 WIB
header img
Gahar! Tank Tempur Masa Depan AS ini Dilengkapi AI dan Mesin Hybrid Diesel Listrik (Foto: IDXChannel)

JAKARTA, iNewsPantura.id - General Dynamics, sebuah perusahaan kontraktor pertahanan AS, merilis prototipe tank militer Amerika Serikat teranyar bernama AbramsX.  

Mantan pejabat militer AS mengatakan bahwa terobosan ini merupakan peningkatan terbesar mengenai teknologi tank militer Amerika. Ada kemajuan desain dan menghemat pengeluaran divisi militer yang dianggap tidak perlu.

Dilansir dari Washington Post, Jumat, (14/10), terdapat sebuah tayangan di Youtube berdurasi 55 detik yang memperlihatkan gambaran dari mesin tank masa depan tersebut yang diklaim lebih hemat bahan bakar, lebih senyap, dan ramping, serta berteknologi canggih.

AbramsX hadir dengan fitur khas senjata militer modern yang didukung oleh mesin diesel listrik hybrid yang lebih ringan dan jauh lebih hemat bahan bakar dibandingkan dengan tangki Abrams yang boros gas. Tank ini juga dapat beroperasi dengan kru yang lebih sedikit dan memiliki sistem kecerdasan buatan (AI) untuk menemukan musuh.

Meski demikian, Perang Rusia di Ukraina telah menunjukkan kemampuan dan bahayanya mengenai adu kuat teknologi tank di medan perang modern.  

Ahli strategi militer mengkhawatirkan akan kegunaan tank dalam potensi perang  melawan China, saingan utama militer AS.  Melengkapi mesin mematikan ini dengan kecerdasan buatan disinyalir akan menjadi perhatian dan mengundang kecurigaan dari para ahli militer.

Direktur pengembangan bisnis perusahaan AS, Tim Reese juga menegaskan, selama beberapa tahun terakhir, General Dynamics telah mencoba memecahkan masalah tersebut. General Dynamics tidak mengungkapkan kisaran harga untuk AbramsX, karena masih dalam tahap awal pembentukan.

“Tank ini memiliki berat sekitar 10 ton lebih ringan dari model Tank yang digunakan saat ini.  Mesin diesel listrik hibridanya menghemat 50 persen bahan bakar daripada tank Abrams yang membutuhkan lebih dari satu galon gas per mil,” Kata Reese.

Desain tanknya juga akan sedikit berbeda. 

Pembuatnya mengatakan tank ini dapat beroperasi dengan tim berjumlah tiga orang, lebih sedikit dari biasanya.  AbramsX telah dilengkapi dengan armor untuk melindunginya dari bom yang dijatuhkan drone.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut