get app
inews
Aa Read Next : Bayi Lebih Mudah Dehidrasi Waspada Bahaya Infeksi 

Ngeri! Covid-19 Parah Bisa Sebabkan Gagal Ginjal

Sabtu, 12 November 2022 | 07:14 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: MNC)

JAKARTA, iNewsPantura.id - Beberapa orang yang mengalami Covid-19 yang parah biasanya akan menunjukkan tanda-tanda kerusakan ginjal. Mulai dari tingginya kadar protein atau darah dalam urine dan kinerja darah yang tidak normal.

 

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa cedera ginjal akut dialami hingga setengah dari orang yang dirawat di rumah sakit dengan Covid-19.

 

Kasus kerusakan ginjal yang tiba-tiba tersebut dalam beberapa kasus yang parah juga bisa terjadi dalam beberapa jam atau hari. Kondisi Ini menyebabkan limbah menumpuk di dalam darah dan bisa berakibat fatal. 

 

Dampak Covid-19 pada ginjal sangatlah kompleks. Nah, berikut adalah beberapa kemungkinan alasan yang sedang dipelajari oleh para dokter dan peneliti.

 

4. Kekurangan oksigen sebabkan ginjal tidak berfungsi

Pada kasus yang parah, Covid-19 bisa menyebabkan pneumonia yang akan menurunkan kadar oksigen dalam darah hingga batas tidak normal. 

 

Nah, ginjal yang tidak mendapatkan oksigen yang cukup, tidak bisa berfungsi dengan baik, sehingga fungsi organ tersebut akan menurun. 

 

3. Virus menyerang ginjal

 

Virus Covid-19 juga bisa menginfeksi sel-sel ginjal. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa Covid-19 bisa menyebabkan gagal ginjal

Sel-sel ini memiliki reseptor yang memungkinkan virus corona baru untuk menempel padanya, menyerang dan berkembang biak, sehingga akhirnya merusak jaringan tersebut. 

 

Reseptor yang sama juga ditemukan pada sel paru-paru dan jantung, lokasi di mana virus corona baru terbukti menyebabkan kerusakan.

 

2. Pembekuan darah yang mungkin menyumbat ginjal

Ginjal seperti filter yang berfungsi untuk menyaring racun, kelebihan cairan dan produk limbah dari tubuh. Covid-19 bisa menyebabkan gumpalan kecil terbentuk di aliran darah, yang bisa menyumbat pembuluh darah terkecil di ginjal dan merusak fungsinya.

 

1. Badai sitokin bisa merusak jaringan ginjal

Reaksi tubuh terhadap infeksi virus corona mungkin juga bertanggung jawab terhadap berkembangnya gagal ginjal. Respon imun terhadap Covid-19 bisa menjadi ekstrem pada beberapa orang, yang berujung pada kondisi yang disebut badai sitokin.

Ketika itu terjadi, sistem kekebalan mengirimkan aliran sitokin ke dalam tubuh. Sitokin adalah protein kecil yang membantu sel berkomunikasi saat sistem kekebalan melawan infeksi. Namun, masuknya sitokin dalam jumlah besar yang tiba-tiba ini bisa menyebabkan peradangan parah. 

Dalam upaya membunuh virus yang menyerang, reaksi peradangan ini dapat merusak jaringan sehat, termasuk ginjal.

 

Artikel ini telah diterbitkan Idxchannel.com Ini Sebabnya Covid-19 Bisa Sebabkan Gagal Ginjal oleh Wiwie heriyani simak selengkapnya di https://www.idxchannel.com/news/ini-sebabnya-covid-19-bisa-sebabkan-gagal-ginjal

 

 

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut