get app
inews
Aa Read Next : Istri Presiden Korea Selatan Jadi Sorotan, Usia 50 Tahun Tetap Cantik Bak Artis K-Pop

Inilah Sejarah dan Tujuan Berdirinya G20

Rabu, 16 November 2022 | 10:04 WIB
header img
Sejarah berdirinya G20 dimana sekarang Indonesia jadi presidensi G20. Foto: tangkapan layar iNews

JAKARTA, iNewsPantura.id - Untuk pertama kalinya, Indonesia memegang Presidensi G20 dan menggelar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022.

 Acara ini merupakan puncak dari rangkaian agenda G20 selama Presidensi G20 Indonesia. Ada tiga isu utama yang diangkat dalam pertemuan G20 ini, yaitu Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Indonesia dilaksanakan di Bali pada 15-16 November 2022.

Sedangkan untuk tema yang diusung dalam Presidensi G20 tahun ini sendiri adalah “Recover Together, Recover Stronger”. Lantas, apa itu G20? Serta bagaimana sejarah dan tujuan pendiriannya? Apa Itu G20?

Group of Twenty atau G20 adalah forum kerja sama multilateral yang terdiri atas 19 negara utama dan Uni Eropa. Sedangkan mengutip laman Kemenlu RI, G20 merupakan forum internasional yang fokus pada koordinasi kebijakan di bidang ekonomi serta pembangunan.

G20 ini menjadi forum ekonomi utama dunia yang memiliki posisi strategis. Pasalnya, G20 ini mempresentasikan lebih dari 60 persen populasi global, 75 persen perdagangan global, serta 80 persen PDB di dunia.

Sedangkan anggota G20 adalah Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa.

Editor : Muhammad Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut