get app
inews
Aa Read Next : Pilkada 2024, KPU Kota Pekalongan Tetapkan 232.247 Pemilih sementara

IPSI Kota Pekalongan Gelar Raker

Selasa, 16 Juli 2024 | 15:32 WIB
header img
Pengurus IPSI Kota Pekalongan dan pimpinan perguruan Pencak Silat Kota Pekalongan foto bersama setelah menyelesaikan rapat kerja membahas bidang organisasi dan Pembinaan Prestasi.

Pekalongan,iNewsPantura.id, - Untuk kali pertama sejak dilantik Mei 2024 lalu, Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) mengadakan rapat kerja di ruang Buketan, Setda Pemkot Pekalongan. Rapat itu dibuka oleh Ketua Umum, M Fauzi Lahji SE dengan dihadiri seluruh pengurus IPSi Kota Pekalongan dan perwakilan dari seluruh perguruan pencak silat se Kota Batik.

Fauzi mengatakan, Raker itu membahas dua hal, yakni Bidang Organisasi dan Pembinaan Prestasi. Bidang organisiasi membahas tiga hal yakni perapian organisasi tata kelola IPSI, inventarisasi perguruan pencak silat di Kota Pekalongan dengan penerbitan SK IPSI serta mempererat persatuan antar perguruan pencak silat untuk menjadi solidaritas dan kondusivitas kota Pekalongan.

Di bidang organisasi, semua perguruan akan dilakukan pendataan ulang, sehingga semua harus menyampaikan beberapa persyaratan yang diperlukan untuk mendaftar ke IPSI. Misalnya sekretariat, SK pengurus, dll. Itu sangat diperlukan sehingga keberadaan perguruan itu resmi dan diakui IPSI Kota Batik.

Karena itu, kata Fauzi, direncanakan semua perguruan harus sudah memberikan persyaratan itu ke pengurus untuk kemudian diberi SK secara menyeleuruh tentang perguruan pencak di Kota Batik.

Selanjutnya, mengenai Bidang Pembinaan Prestasi, dalam rapat itu sepakat untuk menyelenggarakan beberapa kegiatan. Misalnya penataran pelatih dan wasit juri yang direncanakan diselenggarakan 3-4 Agustus. ’’Penataran ini penting untuk mengatasi kekurangan wasit juri disaat ada kegiatan di Kota Pekalongan. Selama ini, ketika kita punya kegiatan, selalu minta bantuan wasit juri dari luar kota,’’ katanya.

Selain untuk keperluan kegiatan di wilayahnya, wasit dan juri juga memerlukan pengetahuan pertandingan dengan aturan yang baru. Sehingga di saat pertandingan pelatih dan wasit memiliki persepsi yang dalam pertandingan.

Kemudian, IPSI juga akan menyelenggarakan kejuaraan Wali Kota Cup untuk pelajar mulai dari usia dini, praremaja dan remaja yang akan diselenggarakan 14-17 Agustus 2024.

Selanjutnya, rekrutmen pembinaan atlet Pusat Pendidikan dan pelatihan Olahraga Pelajar (PPLOP) melalui pantauan hasil kejuaraan dan tes pengukuran olahraga serta dilanjutkan training center PPLOP pada Agustus – Desember 2024.

Menurut dia, setelah Wali Kota Cup, juga akan dilanjutkan pekan olah raga kota (Porkot) untuk tingkat dewasa pada  31 Agustus – 9 September serta training center menuju pra Porprov tahun 2025.

‘’Kita harus kompak dalam membina pesilat sehingga diharapkan ke depan Kota Pekalongan mampu berprestasi tingkat nasional,’’ harapnya.***

Editor : Trias Purwadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut