get app
inews
Aa Read Next : DLH Tumbuhkan Peduli Lingkungan Anak Dengan Program Sirami

Selama Ramadhan, Sampah Meningkat

Kamis, 13 April 2023 | 09:09 WIB
header img
Truk sampah sedang mengambil sampah di TPS Podosugih untuk diangkut ke TPA Degayu.

Pekalongan,iNewsPantura.id- Selama bulan Ramadan, sampah di Kota pekalongan meningkat. Karena itu, Dinas Lingkungan Hidup menambah ritase pengangkutan di beberapa tempat pembuangan sampah

Demikian Kabid Kebersihan dan Pengelolaan Sampah, Adi Setiawan, berkaitan dengan meningkatnya jumlah sampah pada bulan Ramadhan.

"Sampai pertengahan Ramadan, untuk peningkatan volume sampah sampai saat ini untuk per harinya meningkat sekitar 6-12 ton per hari, dari 120 ton menjadi 130 ton per harinya. Adapun jenis sampah didominasi sampah rumah tangga dan pedagang seperti sisa makanan, bungkus makanan dan minuman, serabut kelapa, juga sampah kardus peralatan rumah tangga," jelasnya kemarin di ruang kerjanya.

Selain penanganan pengangkutan, pihaknya juga menerjunkan tim patroli sampah untuk terus memantau setiap titik tempat pembuangan sampah, di mana tidak menutup kemungkinan tempat sampah pada kawasan padat penduduk, terlihat membeludak sehingga langsung diangkut.

Adi melihat peningkatan konsumsi makanan, minuman dan beberapa kegiatan masyarakat di bulan Ramadan, sebaiknya dapat disikapi masyarakat dengan melakukan pengelolaan sampah yang baik melalui pilah sampah.

Ia berharap, masyarakat kota Pekalongan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya memilah sampah mulai dari sumbernya sehingga bisa mempercepat dan mempermudah pengangkutan sampah dan harapan ke depan bisa mengurangi volume sampah di TPA Degayu.

Adi menambahkan, pihaknya juga akan menyiapsiagakan 246 petugas yang terdiri atas 114 angkutan armada sampah dan 132 penyapu jalan pada hari H lebaran dan syawalan.**

Editor : Trias Purwadi

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut