get app
inews
Aa Read Next : Sektor Pertanian Berperan hingga 12,98% pada Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Kuartal II-2022

Badai El-Nino Bakal Mengancam, Pemerintah Diminta Tambah Stok Beras

Rabu, 03 Mei 2023 | 14:45 WIB
header img
Badai El-Nino Bakal Mengancam, Pemerintah Diminta Tambah Stok Beras (Foto: SINDOnews)

JAKARTA, iNewsPantura.id- Badai El-Nino bakal mengancam sektor pertanian Indonesia, pemerintah diminta menambah stok beras nasional. 

Dosen Senior Agribisnis Pangan IPB, Bayu Krisnamurthi mengatakan ancaman kemarau panjang atau El-Nino berdampak buruk ke sektor pertanian. Sehingga Kondisi tersebut bisa memengaruhi dari segi produktivitas.

Bayu berharap pemerintah bisa meningkatkan stok cadangan beras yang dimiliki untuk memastikan ketersediaan dan kualitas pangan yang baik, dari sisi harga maupun kualitasnya. Namun demikian, pada awal Tahun 2023, pengamatan Bayu, Cadang Beras Pemerintah sangat terbatas, sehingga masih cukup rentan untuk menghadapi El Nino.

"Awal tahun 2023 ini cadangan beras pemerintah menjadi salah salah satu yang terendah dalam sejarah, kita harus menambahkan stok di gudang-gudang kita, sehingga pemerintah memiliki stok cadangan yang cukup," ujar Bayu dalam Market Review IDXChannel, Rabu (3/5/2023).

Menurutnya pemerintah perlu membangun gudang penyimpanan beras yang dibangun di negara-negara produksi padi. Tujuannya agar cadangan beras pemerintah tetap aman ketika menghadapi suatu keadaan darurat seperti krisis maupun perubahan iklim.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut