get app
inews
Aa Read Next : TP PKK Blado Juara 1 Lomba Busana Batik

Kecamatan Gringsing Gelar Festival Buah Semangka

Senin, 15 Mei 2023 | 09:35 WIB
header img
Pj Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki, saat membelah buah semangka.

Kecamatan Gringsing Gelar Festival Buah Semangka

BATANG, iNews.id - Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang yang popular sebagai penghasil semangka menggelar festival buah semangka pada masa panen Mei 2023.

Menurut Ketua Penyuluhan Petani Batang, M.Ariesna, Kecamatan Gringsing merupakan sentra penghasil buah semangka. Sehingga pada musim panen raya semangka saat ini ditandai dengan festival buah semangka sebagai tanda syukur.

"Festival buah semangka kita selenggarakan dalam rangka tasyukuran atas hasil panen buah semangka yang melimpah pada tahun ini. Dalam festival ini, dimeriahkan dengan lomba kontes buah semangka,” kata M. Ariesna P saat ditemui di Pantai Jodo Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Minggu (14/5/2023).

Menurut Ariesna, festival buah semangka diikuti oleh 59 peserta yang  mengonteskan buah semangka hasil dari kebunnya dengan mencari kategori terberat.

"Kontes buah semangka ini dibedakan menjadi dua, yakni semangka merah dan semangka kuning serta juara umum mengambil semangka yang beratnya dari keduanya,” jelasnya.

Semangka yang keluar menjadi juara umum beratnya mencapai 12,7 kg per buah.

"Festival ini memang baru ada pada tahun ini, karena memang dukungan oleh semua pihak dari Pemerintah, Petani dan Sponsor saling bersinergi,"tuturnya.

Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, festival buah semangka pertama di Kabupaten Batang, cukup meriah.

Festival dilangsungkan di 3 desa. Yaitu Desa Sidorejo, Yosorejo dan Krengseng yang mempunyai potensi penanaman buah semangka berkualitas bagus.

"Hasil panennya sudah cukup maksimal perhektar bisa mencapai 25 ton hingga 32 ton buah semangka. Dengan waktu tanam yang relatif singkat, yaitu 2 hingga 3 bulan,”kata Lani.

Dalam kesempatan tersebut, Lani sempat mencicipi semangka. "Buahnya manis dan segar," katanya.

Ia berharap, semoga ke depan hasil semangka di daerah Kecamatan Gringsing terus berkembang untuk membantu peningkatan perekonomian warga setempat.*

Editor : Trias Purwadi

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut