get app
inews
Aa Read Next : Kendalikan Inflasi, Pemkab Pekalongan Launching Gerakan Pasar Murah

Belajar Pengelolaan BLUD, Pemkab Bulungan Studi Banding ke Pemkab Pekalongan

Rabu, 24 Mei 2023 | 17:15 WIB
header img
Sekda Kabupaten Pekalongan HM Yulian Akbar menerima perwakilan Pemkab Bulungan yang studi banding tentang pengelolaan BLUD di Pemkab Pekalongan. Foto:Prokompim Kab.Pekalongan

KAJEN, iNewsPantura.id – Asisten perekonomian dan pembangunan Sekda Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, Erin Wiranda beserta rombongan melakukan kunjungan kerja ke Kab. Pekalongan.

Dalam sambutannya Erin mengungkapkan beberapa maksud dan tujuan kunjungannya, diantaranya dalam rangka konsultasi atau studi banding terkait pengelolaan BLUD bidang kesehatan ( RSUD dan Puskesmas) di Kab. Pekalongan. “ Kami sangat menghargai dan mengapresiasi atas sambutan Pemkab. Pekalongan, kami ingin belajar banyak pada Pemkab Pekalongan utamanya terkait fasilitasi dan pengelolaan BLUD di rumah sakit dan Puskesmas di Kabupaten Pekalongan,” terang Erin.

Rombongan diterima secara langsung oleh Sekretaris Daerah Kab. Pekalongan, M. Yulian Akbar, beserta Asisten ekonomi dan pembangunan Sekda, Kepala Dinas Kesehatan, serta Kepala RSUD Kajen dan beberapa Kepala Puskesmas di Kabupaten Pekalongan. 

Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq dalam sambutannya yang diwakili oleh Sekda menyampaikan selayang pandang tentang Kab. Pekalongan, dan berharap kunjungan kali ini juga dapat mempererat jalinan silaturahmi kedua daerah. Diungkapkan Sekda bahwa Kab. Pekalongan memiliki 2 BLUD rumah sakit yaitu RSUD Kraton ( Tipe B), RSUD Kajen ( Tipe C) serta 1 rumah sakit baru, yaitu RSUD Kesesi ( Tipe D) yang sedang dalam proses menjadi BLUD. “BLUD itu regulasinya sudah jelas Permendagri No. 79 Tahun 2018, dimana selaku entitas perlu penertiban dan fleksibilitas dalam berbagai bidang diantaranya manajemen pendapatan, pola belanja, dan SDM, dan nawaetu atau tujuan utama pembentukan BLUD adalah agar pemerintah lebih mudah mempercepat pelayanan publik, disamping untuk menyehatkan dan membangun kemandirian BLUD, ” tegasnya.

Acara yang dilangsungkan di Aula lantai 1 Gedung Sekretaiat Daerah Kabupaten Pekalongan ini selanjutnya diisi dengan paparan seputar pengelolaan BLUD di Kab. Pekalongan oleh Asisten ekonomi dan pembangunan Sekda, Wahyu Kuncoro

Editor : Muhammad Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut