get app
inews
Aa Read Next : Hindari Serangan Stroke, Simak Tanda Kolesterol Meningkat yang Wajib Kita Tahu

Berkhasiat Tinggi, Suruh Cina Bisa Obati Kanker, Asam urat dan Kolesterol

Kamis, 27 Januari 2022 | 19:00 WIB
header img
suruh cina ternyata bisa mengobati kanker, asam urat dan kolesterol

JAKARTA,iNews - Peperomia pellucida atau tumbuhan Suruh Cina yang banyak ditemukan di pematang saluran air, ternyata punya khasiat tinggi.

Suruh Cina ini tinggi tanamannya 10 sampai 20 cm, dengan batang lurus, halus, hijau muda. Daun tunggal tanaman ini berbentuk spiral, lonjong, panjang 1-4 cm, 1,5-2 cm, ujung runcing, pangkal berlekuk ujung rata, tulang melengkung, permukaan halus, hijau lembut mengkilap dan memiliki akar serabut.

Suruh Cina sering dianggap rumput liar tak guna, ternyata mempunyai khasiat yang luar biasa , berikut tiga diantaranya menurut penelitian ahli tanaman obat, Chigita Turnit:
 
1. Mengobati Kanker
Kanker merupakan penyebab kematian kedua terbanyak di seluruh dunia. Kanker sering menyebabkan kematian karena umumnya penyakit ini tidak menimbulkan gejala pada awal perkembangannya, sehingga baru terdeteksi dan diobati setelah mencapai stadium lanjut. Namun, penyakit ini nyatanya dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi ramuan herbal daun sirih cina.

Menurut penelitian Chigita Turnit dengan kandungan alkanoid pada tanaman suruh cina ini memiliki banyak sifat dan aktivitas farmakologis, termasuk aksi antihipertensi (terutama alkaloid indol), aksi antiaritmia (kinzin, speaen), aksi antimalaria (malaria), dan aksi antikanker (terutama indole dimer, vincristine, vinblastine) sehingga mampu mengobati berbagai jenis penyakit kanker.

2. Mengurangi Asam Urat
Manfaat lain daun sirih cina bagi kesehatan yaitu dapat mengurangi gejala asam urat. Menurut data WHO pada 2013, penderita asam urat di Indonesia sebanyak 81%. Sementara itu hanya 24% penderita asam urat yang melakuka pengobatan ke dokter dan sebesar 71% lainnya melakukan pengobatan hanya melalui konsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas.

Suruh Cina mengandung senyawa minyak atsiri, terutama carator dirapiol, B-carofurene, senyawa steroid, flavonoid, alkanoid, saponin, tanin yang bisa mengurangi asam urat.

3. Menurunkan Kolesterol
Rebusan daun sirih cina, bila dikonsumsi dengan dosis yang tepat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol secara efektif. Mengutip dari Chigita Turnit Kandungan Saponin merupakan senyawa struktural yang memiliki kemampuan untuk membunuh protozoa dan moluska. Senyawa ini memiliki kemampuan sebagai antioksidan, mengurangi pencernaan protein dan penyerapan vitamin dan mineral di usus, serta bertindak sebagai antijamur, sehingga terjadi hipoglikemia virus yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh serta dapat menurunkan kadar kolesterol hingga mengurangi kemungkinan risiko terkena serangan jantung.

 

Editor : Muhammad Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut