get app
inews
Aa Read Next : Panen Kopi di Adinuso, Pj Bupati Batang Cicipi Kopi Wiwitan

5 Kesalahan Penyebab Seduhan Kopi Tidak Enak

Selasa, 01 Februari 2022 | 11:15 WIB
header img
penyebab seduhan kopi tidak enak

JAKARTA, iNews - Kopi bagi penikmatnya bukan sekedar bubuk kecokelatan  yang diseduh dengan air panas. Kopi adalah minuman yang bisa diseduh dengan aneka teknik sehingga bisa menghasilkan kenikmatan aneka rasa. Mereka yang terampil menyeduh kopi biasa disebut Barista.

Jika ingin mendapatkan secangkir  kopi dengan rasa nikmat tak boleh nmeyeduh kopi sembarangan. Berikut adalah  lima kesalahan yang membuat citarasa kopi menjadi buruk dan tidak enak seperti yang dirangkum dari buku The Complete Idiot's Guide to Coffee & Tea yang ditulis pakar kopi Kristine Hansen:
 
1  Tidak menggunakan air yang cukup panas
Menurut Hansen, suhu air panas yang tepat untuk membuat secangkir kopi seharusnya berkisar pada 90 hingga 94 derajat celcius. Pada suhu ini dinilai rasa asli kopi dapat diekstraksi dengan sempurna sehingga akan 'keluar' cita rasanya.

2. Menyeduh Bubuk Kopi yang sudah Terlalu Lama
 Sebaiknya belilah kopi yang masih berbentuk biji jika ingin menyimpannya dalam jangka waktu yang cukup lama.

Hansen mengungkapkan bahwa menit pertama setelah biji kopi dihaluskan maka kopi akan mulai mengeluarkan rasanya dan ketika diseduh rasa asli kopi akan semakin menipis. Terlebih ketika kamu menyimpannya dalam bentuk bubuk pada rak dapur. Hasilnya kopi akan memiliki rasa yang sudah berubah ketika diseduh.

3. Gelas saji dalam kondisi dingin
 Walaupun sudah menggunakan suhu air yang tepat pada saat proses penyeduhan tetapi gelas yang dingin akan menurunkan suhu kopi lebih cepat dibandingkan gelas yang lebih hangat. Sebaiknya siapkan gelas saji kopi dalam suhu yang tepat. Bisa juga menuangkan air panas dan membiarkannya selama beberapa detik hingga gelas terasa hangat
 
4. Jangan  terpaku pada satu jenis pemanis
Jika ingin mendapatkan kopi dengan rasa yang lebih lezat kamu juga bisa mencobanya dengan berbagai jenis gula atau susu lain.
Setiap jenis gula dan susu ini memiliki rasa khasnya masing-masing yang dapat membuat kopi memiliki rasa akhir yang berbeda-beda. Misalnya seperti gula semut aren atau Gula Jawa   yang punya rasa manis legit atau susu skim yang lebih rendah lemak.

5. Rasio antara bubuk kopi dan air  yang tidak tepat
Takaran antara bubuk kopi dengan air harus tepat dan sesuai supaya rasanya pas atau tidak kebanyakan air dan tidak juga terlalu kental

Rasio antara air dan kopi yang paling dasar bisa menggunakan 1:10 yang artinya 1 gram kopi dipadukan dengan 10 militer air atau dengan 1:15 yang artinya 1 gram kopi dipadukan dengan 15 mililiter air. Rasio ini bisa langsung dikalikan untuk disesuaikan dengan banyaknya kopi yang digunakan.

Editor : Muhammad Burhan

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut