get app
inews
Aa Read Next : Invasi Rusia ke Ukraina : AS  akan melarang penerbangan Rusia menggunakan wilayah udara Amerika

AS.  Anggap Covid-19 bukanlah krisis, tapi penyakit yang dapat diatasi  cek fakta berikut 

Sabtu, 19 Februari 2022 | 22:34 WIB
header img
As Anggap Covid Bukan Krisis Cek fakta nya (foto : Freepic)

 

 

Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) dr Rochelle Walensky mengungkapkan desakan untuk melonggarkan prokes dari masyarakat AS sudah sangat besar saat ini. 

Mereka ingin kondisi saat ini bukan lagi dianggap pandemi. "Kita semua punya tujuan yang sama bahwa Covid-19 tak lagi mengganggu kehidupan sehari-hari dan kita akan menganggap Covid-19 bukan krisis sebab penyakitnya bisa diobati dan dapat dicegah," ujar Walensky, dikutip dari Fox News, Jumat (18/2/2022). 

Bahkan Walensky berjanji agar AS siap bergerak maju ke arah yang lebih baik dan tentunya tetap dipantau oleh bidang keilmuan sains dan tren epidemiologi yang update. Lebih jauh, 

Koordinator Satgas Covid-19 Gedung Putih Jeff Zients menyatakan, harapan agar Covid-19 tak lagi menjadi masalah pandemi sebagai bukan omong kosong. 

Karena AS saat ini memiliki alat dan ilmu yang cukup untuk menangani Covid-19. "Bangsa ini bergerak menuju masa ketika Covid-19 bukanlah krisis, tapi penyakit yang dapat diatasi dan masyarakat bisa dilindungi karenanya," ujarnya. "Kami dan presiden mempersiapkan dengan sangat baik upaya penanganan Covid-19 dengan alat yang canggih seperti vaksin, booster, testing, dan perawatan yang akan melindungi semua rakyat AS," tutur Zients. 

Isyarat AS bebas dari pandemic juga sejalan dengan upaya CDC yang akan mengeluarkan aturan baru soal penggunaan masker. 

Negara ini betul-betul bergerak ke arah yang lebih maju ke depan. Bukan tanpa alasan, pemimpin setiap negara bagian AS melaporkan penurunan kasus Covid-19 yang cukup berarti, termasuk pasien rawat inap semenjak lonjakan Omicron di Januari lalu. "Itu alasan kenapa beberapa negara bagian melakukan pelonggaran prokes saat ini," tulis laporan Fox News. 

Kondisi saat ini negara bagian AS menjelaskan di King County di Washington belum lama ini mengumumkan mereka tak lagi memerlukan pemeriksaan vaksinasi untuk masuk ke restoran, bar, teater, dan pusat kebugaran per 1 Maret mendatang. 

Kemudian pejabat Philadelphia mengumumkan bahwa wilayahnya tak lagi menggunakan syarat vaksinasi untuk masuk ke restoran, sekalipun aturan soal pakai masker di dalam ruangan tetap berlaku. Selanjutnya di Provincetown, Massachusetts, para pejabat mencabut mandat masker dan persyaratan vaksin untuk masuk ke dalam ruangan seperti restoran dan bar sejak Selasa lalu (15/2/2022). 

 

 

Editor : Nanang Sulaeman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut