get app
inews
Aa Read Next : Rahasia Dahsyat Dibalik Kulit Pisang

jika anda erasakan gejala batuk, pilek, sakit tenggorokan, demam. hati hati segera cek ke dokter

Minggu, 27 Februari 2022 | 20:14 WIB
header img
hati hati gejala omicron (foto: freepic)

Hati hati gejala awal terinfeksi virus Corona varian Omicron terasa seperti pilek dan dianggap lebih ringan dibandingkan varian sebelumnya. 

Namun bagi orang yang tidak divaksin, gejala awal terinfeksi varian ini bisa lebih berat.

Masyarakat banyak yang menganggap remeh gejalanya, memang tergolong ringan dari varian sebelumnya 

"Merasakan gejala batuk, pilek, sakit tenggorokan ada demam, menyerupai flu sebaiknya dilakukan antigen (test swab) sesegera mungkin," kata dr Juru  Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 dalam Siaran Sehat 'Perkembangan Terkini Penanganan Covid-19 di Indonesia', Minggu (27/2/2022)

 

Lebih lanjut, dia menerangkan bahwa gejala yang umumnya dirasakan ringan, menyerupai flu. Gejala tersebut mudah dipahami oleh masyarakat, untuk lebih waspada.

Kendati demikian, ia pun menyarankan agar masyarakat hasil swabnya positif dengan gejala ringan di atas. Bisa melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah dengan dua syarat yaitu klinik dan rumah.

"Secara klinis yakni pasien itu berusia maksimal 45 tahun, tidak memiliki komorbid dapat mengakses kalau medicine atau pelayanan kesehatan lainnya. Serta berkomitmen untuk tetap melakukan isoman sebelum diizinkan keluar," sambung dr Reisa.

Sementara, secara rumah yang dijadikan tempat isoman wajib memiliki kamar dan kamar mandi terpisah dengan anggota keluarga lainnya. Lalu memiliki alat pengukur kadar oksigen (Oximeter).

"Harus memiliki kamar yang terpisah atau lantainya terpisah, kamar mandi dalam rumah juga terpisah dengan anggota atau konsumen lainnya. Memiliki diameter pengukuran oksigen untuk perawatan dirumah, juga mengikuti anjuran dan instruksi dari tenaga kesehatan (obat-obatannya, dan berkonsultasi)," ucapnya

Editor : Nanang Sulaeman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut