get app
inews
Aa Read Next : WHO Sebut Varian Omicron BA.4 dan BA.5 Masuk Variant of Concern (VoC)

Bunda Tak Perlu Cemas, Tidur Cukup Bisa Tingkatkan Imunitas Anak di Masa Pandemi 

Jum'at, 11 Maret 2022 | 10:50 WIB
header img
Ilustrasi

Dengan adanya varian Omicron yang  masih ganas bunda tak perlu cemas, ternyata tidur cukup bisa tingkatkan imunitas pada anak.  

Dokter Spesialis Anak mengungkapkan, beberapa langkah untuk meningkatkan imunitas anak dengan memperhatikan waktu istirahat anak. Bertujuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami di tengah berkembangnya virus Covid-19.

"Sistem imun didapatkan saat tidur, jadi syarat meningkatkan imunitas harus cukup tidur," ujar Prof, Dr. dr. Hinky Hindra Irawan Satari, Sp.A (K), M.Tropaed, Dokter Spesialis Anak Konsultan Penyakit Infeksi dan tropis RS Pondok Indah dalam webinar, Kamis (10/3/2022).

Lebih lanjut, ia mengatakan, banyak artikel yang dapat dibaca sebagai tambahan informasi untuk meningkatkan imunitas anak. Mengonsumsi vitamin C dan B3 banyak penelitian mengatakan dapat meningkatkan atau menjaga sistem kekebalan tubuh pada anak.

Dia menerangkan bahwa di luar dari suplemen atau vitamin yang dikonsumsi, menurutnya konsumsi sehat sangat penting. Mengonsumsi unsur hewani dan nabati, seperti ikan dan sayur dan lainnya menjadi hal utama untuk memenuhi asupan sehat dan berolahraga dapat meningkatkan imunitas dengan baik.

"Meningkatkan sistem kekebalan tubuh kalau dari saya ya unsur makan hewani dan nabati setiap hari, minum vitamin, olahraga dan berjemur," jelasnya

Di sisi lain, dokter spesialis anak lainnya, juga mengatakan bahwa orangtua harus menghindarkan anak-anak dari tempat atau lingkungan yang memicu terjadinya selesma (penyakit serupa flu).

"Sebaiknya kita waspada kalau ada orang disekitar kita bergejala selesma, terutama kalau kita tinggal bersama dengan lansia, komorbid atau balita. Gejala penyakit lebih berat," kata Dr. Robert Soetandio, SpA, M.Si.Med, Spesialis Anak.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut