get app
inews
Aa Read Next : Metaverse Diprediksi Akan Melebihi Internet

Cara Mudah Membuat NFT dan Menjualnya di Platform Marketplace OpenSea

Sabtu, 19 Maret 2022 | 07:59 WIB
header img
Cara Mudah Membuat NFT dan Menjualnya di Platform Marketplace OpenSea (Foto: Freepic)

Dunia digital terus berkembang pesat dan sangat gila, seperti aset digital NFT yang kini tengah viral dan menjadikan Ghozali kaya mendadak, berikut cara mudah membuat NFT dan menjualnya.  

Foto NFT Gustaf AL Ghozali alias Ghozali Everyday? Pria berumur 22 tahun itu viral setelah 'kaya mendadak' dari penjualan swafoto (selfie). Selfie bertajuk Ghozali Everyday dijual di platform marketplace OpenSea. Total cuan yang ia kantongi mencapai Rp1,5 miliar sejauh ini.

Apa sebetulnya NFT itu? Non Fungible Token (NFT) merupakan aset digital yang telah menarik minat investasi masyarakat Indonesia dalam hal mata uang kripto. NFT digunakan sebagai bukti kepemilikan barang yang dapat dibeli dengan mata uang kripto,dari fenomena yang dialami Al Ghozali ini, tentu Anda pun punya kesempatan yang sama untuk meraup keuntungan dari NFT berikut cara membuat NFT dan menjualnya biar bisa kaya raya.

Anda tidak memerlukan pengetahuan luas tentang pembayaran token (kripto) untuk membuat NFT. Tetapi ada beberapa alat yang perlu Anda ketahui untuk memulai membuat NFT seperti dompet token dan Ethereum. Berikut cara membuat NFT dan menjualnya:

1. Membuat Konten NFT yang Bernilai dan Menarik

Sama seperti karya dalam koleksi seni di dunia nyata, minat konsumen mendorong nilai NFT Anda. Mirip dengan perdagangan, kelangkaan dan basis konsumen yang tertarik mempengaruhi nilainya karya NFT yang Anda buat.

Untuk itu, perhatikan target konsumen dalam menjual karya NFT Anda. Hal ini tentu akan lebih mudah bagi Anda dalam mendapatkan pelanggan karya Anda. Memperhatikan konten adalah bagian dari cara membuat NFT yang penting.

2. Cara Anda Dapat Membeli NFT

Beberapa platform mengizinkan kartu kredit untuk digunakan, tetapi sebagian besar situs tempat Anda dapat membeli dan menjual NFT mengharuskan menggunakan cryptocurrency. Untuk itu, Anda harus memahami terlebih dahulu tentang pembayaran digital ini.

Anda harus membuat dompet untuk mata uang pilihan Anda. Blockchain.com adalah salah satu platform populer yang memungkinkan pengguna membuat dompet secara gratis. Setelah memverifikasi identitas di salah satu platform, Anda dapat membeli mata uang langsung di sekitar nilai pasarnya.

3. Cara Anda Dapat Menawarkan NFT

Ada banyak marketplace yang bisa menjadi tempat bagi Anda untuk menawarkan karya NFT. Tokomall.io adalah layanan di Indonesia yang memungkinkan Anda menjajakan koleksi NFT Anda. Jangan coba-coba untuk menjual karya yang bukan milik Anda.

Yang perlu Anda lakukan adalah membuat akun dan mengikuti petunjuk di situs untuk membuktikan hak cipta karya. Dalam beberapa menit, Anda akan dapat memajang konten digital unik yang Anda miliki di tempat ini.

4. Cara Anda Bisa Menjual NFT

Pertama, Anda memerlukan karya asli yang hak ciptanya Anda miliki. Ini bisa berupa gambar yang Anda ambil, gif yang Anda buat, lagu, atau hampir semua bentuk media lainnya. Selanjutnya, buka Rarible.com. Klik tombol "Buat" yang akan Anda lihat di bagian kanan atas halaman.

Anda mungkin ingin memulai dengan menjual satu file, jadi tekan opsi "Single" saat diminta. Kemudian, Anda perlu memikirkan harga jual untuk barang Anda. Anda dapat memilih seberapa banyak cryptocurrency yang Anda inginkan dan memasukkannya.

5. Cara Anda Tahu Jika NFT Anda Terjual

Karena situs-situs ini cenderung tidak menggunakan email, Anda harus memeriksa halaman penjualan untuk mengetahui penawaran terbaru pada karya NFT yang Anda jual. Jika Anda melihat tawaran yang dapat diterima, Anda akan dapat menerimanya.

Dana kripto yang ditawarkan kemudian akan ditransfer ke dompet Anda. Anda dapat menarik ini dan menggunakannya untuk membeli produk lain melalui crypto atau menukarnya dengan uang tunai. Inilah tahap akhir dari proses pembuatan hingga menghasilkan uang.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut