get app
inews
Aa Read Next : Berharta Rp1,8 Triliun, Intip Sumber Kekayaan Pejabat Negara asal Riau Umzakirman

Ini Dia 5 Daerah Penghasil Ikan Terbesar di Indonesia

Sabtu, 19 Maret 2022 | 10:59 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Instagram)

Tahukah Anda 5 daerah penghasil ikan terbesar di Indonesia? Simak penjelasannya berikut ini. 

Indonesia merupakan negara maritim karena sebagian besar wilayahnya terdiri dari laut. Saking luasnya laut di Indonesia, maka tak heran Indonesia dikenal sebagai negara penghasil ikan terbesar kedua di dunia setelah China.

Namun perlu diketahui, tidak semua wilayah Indonesia menjadi basis produksi perikanan nasional. Meski begitu, ada beberapa wilayah yang memiliki penghasilan ikan terbesar.

Berikut ini daerah dengan penghasilan ikan terbesar di Indonesia;

1. Kepulauan Riau

Riau termasuk dalam wilayah Indonesia yang mampu menghasilkan ikan dalam jumlah yang banyak. Ikan hasil tangkapan nelayan Riau mayoritas diekspor ke beberapa negara seperti Malaysia, Taiwan, China, Thailand dan Vietnam. Jenis ikan yang diekspor seperti ikan arwana dan ikan-ikan yang dikonsumsi sehari hari.

2. Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Timur (NTT) termasuk wilayah timur Indonesia yang dapat menghasilkan beberapa jenis ikan segar yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Mayoritas ikan yang ditangkap diekspor ke berbagai negara tetangga.

Nelayan NTT umumnya menangkap hasil laut seperti udang, kakap putih, ikan kembung, dan tiram. Selain ikan, ada pula nelayan NTT yang masih mau juga membudidayakan rumput laut.

3. Kota Tegal

Kota Tegal adalah kota di Jawa Tengah yang mampu menghasilkan ikan dalam jumlah yang besar. Pasalnya, Tegal terletak di dekat laut Jawa dan sangatlah wajar jika produksi ikannya banyak.

Setiap tahunnya, nelayan di kota Tegal mampu menangkap ikan sampai 1400 ton. Sayangnya, jumlah tangkapan ikan yang banyak tak sebanding dengan konsumen di wilayah tersebut. Sehingga, lambat laun banyak nelayan di wilayah Tegal yang memutuskan untuk pensiun karena hasil tangkapannya yang terkadang tak membuahkan nilai rupiah yang sepadan.

Meski begitu, Tegal tetaplah menjadi daerah yang mampu menghasilkan ikan yang banyak di indonesia.

4. Kota Cilacap

Masih di Jawa Tengah, Kota Cilacap menjadi kota kedua yang masuk dalam daftar penghasil ikan terbesar di indonesia. Kota Cilacap menjadi kota yang mampu menghasilkan ikan yang banyak baik dari air laut maupun air tawar.

Hasil tangkapan lautnya yang paling besar yaitu cakalang dan cumi-cumi. Setiap bulannya, nelayan di Cilacap mampu menangkap ikan sebesar 90 ton.

5. Muncar, Banyuwangi

Daerah penghasil ikan terbesar di Indonesia salah satunya di Provinsi Jawa Timur lebih tepatnya di Muncar, Banyuwangi. Muncar bisa menghasilkan ikan dalam jumlah yang banyak wilayah tersebut termasuk pertemuan dari Laut Jawa dan Samudra Hindia.

Meski saat bulan purnama nelayan biasanya berhenti melaut selama 7 sampai 10 hari, hasil tangkapannya terbilang fantastis. Nelayan mampu menangkap ikan sampai 20 ribu ton per tahunnya. Muncar juga memiliki tempat pelelangan ikan yang mana tempat pelelangan tersebut terbesar di indonesia.
 

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut