get app
inews
Aa Read Next : Benarkah Konsumsi Gula Berlebih jadi Pemicu Utama Penyakit Jantung? Begini Penjelasan Ahli

Miliki Kadar Gula tinggi, Waspadai Ciri Luka Diabetes

Minggu, 27 Maret 2022 | 13:43 WIB
header img
Miliki Kadar Gula tinggi, Waspada Ciri-ciri Luka Disebabkan oleh Diabetes (foto: Freepic)

Terdapat ciri-ciri luka diabetes yang tidak boleh diabaikan, apalagi riwayat diabetes dari keluarga oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki ciri-ciri berikut harus mewaspadainya dan segera konsultasikan ke dokter.

Diabetes melitus adalah penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula (glukosa) di dalam darah. Kondisi ini juga sering disebut sebagai penyakit gula atau kencing manis.

Penderita diabetes akan mengalami beberapa permasalahan, salah satunya adalah terjadi luka pada kulit tubuh. Ini bisa terjadi di seluruh bagian tubuh, namun yang paling sering biasanya terjadi di kaki.

Mengutip dari laman healthline, permasalahan pada kulit penderita diabetes dikarenakan gula darah dalam tubuh yang tinggi sehingga menghambat aliran darah menuju kulit menjadi tidak lancar. Kondisi ini akan mempersulit kulit untuk melakukan regenerasi apabila terjadi luka.

Untuk itu, bagi penderita sebaiknya berhati-hati jika mengalami luka pada tubuh. Lantas, bagaimana ciri-ciri luka diabetes? mengutip dari American Academy of Dermatology Association, berikut ciri-ciri luka disebabkan oleh diabetes;

1. Memiliki bercak kuning, kemerahan, atau coklat

Jika pada kulit Anda terdapat bercak-bercak berwarna kuning, kemerahan, atau bahkan coklat, bisa jadi hal itu terjadi karena penyakit diabetes yang Anda derita. Kondisi ini dikenal dengan necrobiosis lipoidica dengan gejala awal adanya benjolan kecil yang berkembang menjadi bercak yang membengkak dan keras dengan rasa gatal dan nyeri.

2. Kulit tiba-tiba melepuh

Pada beberapa kasus, ciri-ciri luka diabetes pada kulit bisa ditAndai dengan adanya beberapa bagian di tubuh Anda yang melepuh tanpa sebab. Lukanya mirip jika kulit terkena benda panas, namun bedanya luka lepuh pada penderita diabetes tidak terasa sakit atau nyeri.

3. Terjadi infeksi kulit

Ciri selanjutnya adalah terjadinya infeksi pada kulit Anda. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, aliran darah akan sulit menuju kulit sehingga dapat mengakibatkan infeksi pada kulit. Hal ini bisa ditAndai dengan adanya ruam yang gatal dan terasa panas, bengkak, dan terasa nyeri.
Adanya luka terbuka

Penderita diabetes biasanya akan mengalami luka terbuka yang sulit sembuh karena sistem peredaran darah tidak lancar sehingga mengakibatkan regenerasi sel kulit tidak berfungsi normal.

4. Terdapat bercak hitam di kulit

Bercak hitam di kulit atau dikenal dengan sebutan dermopati diabetik biasanya muncul di bagian tulang kering. Bekas luka ini akan sulit hilang dalam waktu yang lama.

5. Muncul beruntusan berwarna merah atau kuning

Ciri lainnya adalah adanya kondisi kulit yang beruntusan dengan warna kuning dan kemerahan mirip seperti jerawat. Benjolan atau beruntusan ini biasanya muncul pada saat gula darah sedang tidak terkendali.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut