get app
inews
Aa Read Next : Layak Jadi Pemain Terbaik Dunia, Francesco Totti Jagokan Mohamed Salah Raih Ballon dOr 2022

Perbedaan Waktu Berbuka Puasa Mohamed Salah dan Paul Pogba 

Selasa, 05 April 2022 | 07:40 WIB
header img
Perbedaan Waktu Berbuka Puasa Mohamed Salah dan Paul Pogba (Foto: Okezone)

Mohamed Salah dan Paul Pogba menjalani waktu puasa Ramadan yang sedikit berbeda karena letak geografis Kota Liverpool dan Manchester, tempat mereka bernaung.

Tahun ini, Ramadan jatuh pada pada musim semi di belahan bumi bagian utara yang membuat siang hari menjadi lebih lama.

Berbanding terbalik dengan Ramadan di belahan bumi bagian selatan yang memiliki hari lebih pendek di musim gugur. Di Indonesia sendiri, puasa umumnya berlangsung sekitar 13 jam

Menurut laman Muslimpro pada Senin (4/4/2022), adzan shubuh di Manchester berkumandang pada pukul 05.00 waktu setempat. Sementara itu, matahari terbenam atau adzan maghrib tiba pada pukul 19.53.

Hal itu berarti, selama berada di Kota Manchester, Paul Pogba yang membela Manchester United menjalani puasa selama 14 jam 53 menit. Bagaimana dengan Mohamed Salah yang memperkuat Liverpool?

Adzan Shubuh di Liverpool berkumandang pada pukul 05.04 waktu setempat. Sementara itu, adzan Maghrib atau matahari terbenam datang pada pukul 19.55 waktu setempat.

Jika dihitung, Mohamed Salah menjalani puasa di Kota Liverpool selama 14 jam 51 menit. Jika dbandingkan, waktu puasa Paul Pogba lebih lama dua menit ketimbang Mohamed Salah.

Baik Paul Pogba dan Mohamed Salah dikenal sebagai pesepakbola yang menjalankan betul ajaran agama Islam. Mereka memilih berpuasa Ramadan meski klub mereka masing-masing melakoni pertandingan.

Baik Mohamed Salah dan Paul Pogba pernah kedapatan buka puasa di tengah laga. Mereka memilih berbuka puasa tak lama setelah adzan berkumandang.

Pada Sabtu 1 Juni 2019 waktu Madrid, Liverpool menghadapi Tottenham Hotspur dalam laga final Liga Champions 2018-2019 yang digelar di Estadio Wanda Metropolitano. Saat itu, Mohamed Salah tetap menjalankan ibadah puasa meski dirinya diwajibkan tampil prima demi memberikan trofi Liga Champions keenam bagi The Reds –julukan Liverpool.

Kala itu, kick off pertandingan digelar pada pukul 21.00 waktu setempat, sedangkan adzan Maghrib baru berkumandang pukul 21.44. Hal itu berarti, Mohamed Salah mesti menjalani 44 menit pertandingan terlebih dulu untuk kemudian membatalkan puasanya. Benar saja, akun Twitter jurnalis asal Mesir, Mohamed El Gazar, pun mengunggah momen Mohamed Salah berbuka puasa di tengah pertandingan.

Sementara itu, Paul Pogba ketahuan buka puasa di tengah laga timnya kontra AS Roma, Jumat  30 April 2021 dini hari WIB. Dalam unggahan di akun Instagram Manchester United @manchesterunited, Paul Pogba sedang berbuka puasa. Ia terlihat menjalankan ajaran Rasul, yakni minum tidak dalam kondisi berdiri (dalam foto ini Pogba memilih jongkok).

“Buka puasa,” tulis caption diunggahan Instagram Man United, tatkala Pogba sedang berbuka puasa.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut