get app
inews
Aa Read Next : KH Ahmad Daroji: Tahun Pollitik, Gunakan Medsos Dengan Bijak, Jangan Sebar Informasi Meresahkan

Menangkal Hoaks dengan Cara Sederhana

Jum'at, 29 April 2022 | 04:58 WIB
header img
Ilustrasi

Baru-baru ini sebuah penelitian yang dilakukan tim peneliti University of Texas di Austin telah membuahkan langkah sederhana untuk mengurai masalah tersebut. Yaitu, dengan mengajukan pertanyaan "Bagaimana saya bisa tahu jika berita ini benar?" serta berusaha menjawab pertanyaan berdasarkan pengetahuan pribadi akan mengaktifkan pusat berpikir kritis otak dan menantang bias.

Tricia Moravec, penulis utama dalam penelitian tersebut mengatakan, "Kita semua berisiko mempercayai informasi yang salah. Namun, ketika kami menanyakan apa yang disebut sebagai pertanyaan referensi diri kepada orang-orang, hal itu membantu mereka berpikir lebih kritis, tidak hanya tentang berita utama yang mereka lihat tetapi juga berita utama berikutnya."

Moravec dan rekan-rekannya, Antino Kim dan Alan R. Dennis dari Indiana University dan Randall K. Minas dari University of Hawaii, menemukan bahwa ketika orang tidak mengajukan pertanyaan, mereka cenderung menerima artikel yang sesuai dengan keyakinan mereka.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti meminta peserta untuk menilai berita utama yang diberikan secara acak berdasarkan kebenaran dan kepercayaan mereka. 

Menggunakan halaman media sosial tiruan, dengan headline miring kiri dan kanan dari sumber berita palsu, peneliti kemudian meminta peserta untuk menilai pengetahuan pribadi mereka tentang berita yang diberikan: "Seberapa jujur ​​cerita ini?"

Peserta dipilih dari pilihan, antara lain:

  • Saya memiliki pengetahuan pribadi tentang cerita ini dan itu benar
  • Saya memiliki pengetahuan pribadi dan itu salah
  • Saya tidak memiliki pengetahuan pribadi, tetapi tampaknya benar
  • Saya tidak memiliki pengetahuan pribadi, tetapi tampaknya salah
  • Saya tidak tahu apakah itu benar atau salah

Peserta penelitian mengenakan headset EEG, sehingga peneliti dapat mengukur perubahan neurofisiologis saat mereka mengevaluasi berita utama, setengahnya benar dan setengah salah. Para peneliti menemukan, mereka yang menilai artikel sambil mempertanyakan pengetahuan mereka sendiri tentang topik tersebut telah meningkatkan aktivasi di beberapa bagian otak yang terkait dengan aktivitas kognitif yang disengaja.

Pertanyaan tersebut menyebabkan beberapa peserta menyadari bahwa mereka tidak memiliki cara langsung untuk mengevaluasi kredibilitas berita tersebut. Mereka berpikir lebih dalam tentang berita tersebut, dibandingkan secara otomatis menganggap artikel yang selaras dengan keyakinan mereka adalah benar. Selain itu, para peneliti menemukan efek yang bertahan lama: Peserta terus menganalisis konten secara kritis bahkan ketika mereka tidak diminta untuk melakukannya dengan mengajukan pertanyaan referensi diri.

Untuk perusahaan media sosial, para peneliti mengatakan menambahkan pertanyaan tentang pengetahuan pembaca tentang kebenaran artikel dapat membantu mengekang penyebaran informasi yang salah dan mendorong evaluasi konten yang lebih kritis. Namun, mereka mencatat bahwa orang cenderung beralih ke media sosial untuk hiburan, berhubungan dengan teman, atau pelarian, dan mengajukan pertanyaan referensi diri yang membutuhkan upaya kognitif mungkin tidak menyenangkan. Perusahaan media sosial tidak mungkin mengejar apa pun yang dapat mengganggu pengguna dan memotong keuntungan mereka, katanya.

Editor : Ribut Achwandi

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut