get app
inews
Aa Read Next : Dusun Simonet Pekalongan Tenggelam Diterjang Ombak, 66 KK Direlokasi

Tingkatkan PAD, 33 Restoran dan Hotel Dipasang Tapping Box

Rabu, 25 Mei 2022 | 03:35 WIB
header img
Sekda Kabupaten Pekalongan memasang tapping box di salah satu restoran di Kabupaten Pekalongan

KAJEN – Untuk meningkatkan pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan memasang Tapping box atau alat perekam transaksi di sejumlah hotel, restoran, dan rumah makan.

Sedikitnya 33 restoran dan hotel menjadi titik target prioritas pemasangan tapping box.Pemkab Pekalongan juga akan melakukan evaluasi setiap bulan untuk memantau PAD yang seharusnya akan naik.

Pemasangan tapping box menurut Sekda Kabupaten Pekalongan H Yulian Akbar,  bertujuan untuk meningkatkan kapasitas fiskal Kabupaten Pekalongan melalui peningkatan PAD. "Itu juga sesuai dengan regulasi yang ada yaitu Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Pajak dan Retribusi Daerah," ujarnya.

Pemasangan tapping box ini dilakukan di sejumlah tempat usaha yang menjadi target prioritas pemkab yakni hotel, penginapan, rumah makan, restoran, cafe, dan rumah makan yang memiliki jejaring.

Kepala BPKD Kabupaten Pekalongan Casmidi menambahkan, pemasangan alat dan sistem tapping box dilakukan oleh tim dari BPKD sehingga dapat dilakukan pengecekan langsung jika terjadi kendala. Tapping box yang dipasang terkoneksi langsung dengan dashboard yang ada di kantor BKPD, “Jadi kami bisa kontrol seandainya alat itu mati,” Kata Casmidi.

Tapping box berfungsi untuk merekam atau mencatat transaksi saja sedangkan pajaknya akan masuk ke rekening kas daerah secara otomatis di BPKD. Sedangkan dashboard di BPKD berfungsi untuk proses pemantauan jika ditemukan error atau tidak sesuai dengan target, maka dapat langsung diketahui untuk segera ditindaklanjuti dengan cepat.

 

Editor : Muhammad Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut