get app
inews
Aa Read Next : Petung Fresh Juara Ide Lomba Bisnis Pemuda 2023

Dusun Simonet Pekalongan Tenggelam Diterjang Ombak, 66 KK Direlokasi

Rabu, 26 Juli 2023 | 21:04 WIB
header img
Warga Dusun Simonet, Semut, Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah sedang mengukuti sosialisasi rencana relokasi usai dusun mereka tengelam. Foto: iNewsPantura

PEKALONGAN, iNewsPantura.id Dusun Simonet , Desa Semut, Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan tenggelam setelah terus menerus diterjang ombak. Akibatnya sebanyak 66 keluarga harus direlokasi.

Dusun Simonet terletak di tengah laut menyerupai pulau kecil. Bencana rob yang makin parah beberapa tahun terakhir menyebabkan Dusun Simonet terus menrus diterjang ombak besar dan akhirnya tenggelam.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pekalongan, M. Yulian Akbar bersama rombongan dari dinas terkait beberapa waktu lalu meninjau secara langsung kondisi Dukuh Simonet. Sebanyak 66 KK warga Simonet rencananya akan direlokasi.

Selain warga Simonet ada juga 30 KK warga bantaran Sungai Mrican dan Sungai Buanga Pekuncen juga akan segera direlokasi ke tempat baru di Desa Tratebang, Kecamatan Wonokerto. Di tanah seluas lebih kurang 1 Hektar tersebut, Pemkab Pekalongan akan memberikan hunian baru seluas masing – masing 64 M² untuk setiap KK, lengkap dengan fasilitas umum dan sosial serta pengurusan Sertifikat Hak Milik (SHM).

Menurut Akbar, bahwa ada 10 desa di 3 kecamatan yaitu Kecamatan Wonokerto, Kecamatan Tirto, dan Kecamatan Siwalan yang terdampak rob di wilayah Kabupaten Pekalongan, namun yang terdampak paling parah ada di Kecamatan Wonokerto.

Ditambahkan Akbar bahwa pada tahun 2019 telah dibangun tanggul untuk mencegah rob, namun di tahun 2023 kembali terjadi limpas dan yang terdampak paling parah diantaranya Dukuh Simonet, warga di bantaran aliran sungai Mrican dan Sungai Buangan Pekuncen.

Editor : Muhammad Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut