get app
inews
Aa Read Next : M Maqdun Sabet Medali Perunggu Angkat Besi

Cabang Olahraga Andalan Indonesia di Olimpiade Dunia, Nomor 1 Rajin Sumbang Emas

Selasa, 31 Mei 2022 | 10:05 WIB
header img
Marcus Fernaldi Gideo/Kevin Sanjaya Raih Juara (Foto: Okezone)

JAKARTA - Dari beberapa cabang olahraga yang diikuti kontingen Indonesia, skuad Merah-Putih memiliki tiga cabor andalan di Olimpiade dunia.

Olimpiade merupakan ajang olahraga bergengsi bagi setiap negara peserta yang mengikutinya. Indonesia sebagai salah satu peserta pesta olahraga itu tentu mempunyai cabor andalan.

Lantas, apa saja cabor andalan kontingen Indonesia di Olimpiade?  Berikut 3 cabang olahraga andalan Indonesia di Olimpiade:

1. Bulu Tangkis

Bulu tangkis merupakan salah satu dari tiga cabor andalan kontingen Indonesia di setiap perhelatan Olimpiade. Mulai dari Olimpade Barcelona 1992, prestasi kontingen Indonesia di cabor bulu tangkis selalu mengilap.

Dari delapan edisi Olimpiade sejak 1992, Indonesia berhasil mengoleksi delapan emas, enam perak, dan tujuh perunggu dari semua nomor yang dipertandingkan.

Terbaru, kontingen Indonesia berhasil mendulang satu medali emas dari nomor ganda putri, dan satu medali perunggu dari nomor tunggal putra di Olimpiade Tokyo 2020.

Tentu saja, dengan melihat catatan manis itu, cabor bulutangkis selalu menjadi andalan Indonesia di Olimpiade.

2.  Angkat Besi

Satu lagi cabor andalan Indonesia di Olimpiade. Cabor itu adalah angkat besi yang sudah terbukti berkali-kali mengharumkan nama Indonesia pada pesta olahraga terbesar di dunia itu.

Tercatat, kontingen Indonesia selalu meraih medali sejak berpartisipasi pada Olimpade Sydney 2000. Secara total, cabor andalan Indonesia ini sudah mengoleksi 15 medali, dengan rincian tujuh medali perak, dan delapan medali perunggu.

3. Panahan

Cabor panahan juga selalu menjadi andalan kontingen Indonesia di setiap Olimpiade. Meski belum pernah meraih medali dalam 20 tahun terakhir, perkembangan cabor panahan terlihat menjanjikan. Apalagi, saat ini cabor panahan diperkuat dengan beberapa pemain muda yang potensial seperti Riau Ega Agatha, Diananda Choirunnisa, dan Arif Dwi Pangestu.

Cabor panahan sendiri tercatat pernah mendapatkan medali perak di Olimpiade Seoul 1988. Hebatnya, Lilis Handayani, Kusuma Wardhani, dan Nurfitriyana dari cabor panahan merupakan tiga atlet pertama yang menyumbangkan medali untuk kontingen Indonesia di Olimpiade.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut