get app
inews
Aa Read Next : Pemuda Kelompok Tani Jaya Sokoduwet, Temukan Alat Bakar Sampah Ramah lingkungan Pakai Barang Bekas

Walikota Pekalongan Apresiasi Inisiasi Warga Sokoduwet Menanam

Jum'at, 10 Juni 2022 | 19:15 WIB
header img
Walikota Pekalongan, Ahmad Afzan Arslan Djunaid berpose bersama istri, Inggit Soraya saat setelah menanam pohon di Kelurahan Sokoduwet (Jumat, 10/6/2022).

PEKALONGAN, iNewspantura.id — Di tengah kehidupan masyarakat digital yang notabene ditandai dengan lunturnya semangat gotong royong, rupanya sebagian masyarakat masih saja ada yang melestarikan semangat tersebut. Hal itu terlihat saat kegiatan penanaman pohon di Kelurahan Sokoduwet, Kecamatan Pekalongan Selatan, yang diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup Kota Pekalongan (Jumat, 10/6/2022). Tampak sejumlah warga Kelurahan Sokoduwet ikut serta bergotong-royong dalam kegiatan tersebut.

Spontan, pemandangan itu menjadi sorotan Walikota Pekalongan Ahmad Afzan Arslan Djunaid yang turut hadir dalam kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup itu. Ia tak segan-segan memberi apresiasi atas inisiatif dan gotong royong dari warga serta kelurahan Sokoduwet yang mengubah lahan menganggur menjadi satu tambahan ruang terbuka hijau di Kota Pekalongan. 

“Ini tadinya hanya semak dan rawa, tetapi oleh warga dan kelurahan Sokoduwet, kecamatan Pekalongan Selatan inisiatif dibersihkan untuk ditanam supaya hijau beberapa pohon duwet sesuai dengan nama desa dan sejarahnya, mudah-mudahan ini bisa tumbuh subur,” tandasnya.

Walikota Pekalongan juga berpesan, agar kegiatan gotong royong semacam ini dapat dilanggengkan. Dengan begitu, kawasan yang semula menganggur tersebut akan menjadi lebih asri dan bersih.

“Kalau warga guyub sudah sangat luar biasa, gotong royongnya sangat luar biasa, bersama-sama kita pelihara, tetapi bukan memelihara pohon saja, tetapi semak dan rumput liar harus dibersihkan,  harus rutin melakukan jumat bersih dua minggu sekali,” tambah Aaf.

Senada dengan itu, istri Walikota, Inggit Soraya, turut memberi apresiasi atas usaha kader PKK yang berada di bawah naungan binaannya. Inggit Soraya menghimbau kader PKK untuk mengajak warga binaan turut mendukung program Pemerintah Kota Pekalongan, yakni kelurahan menanam, “Ayo kader PKK ikut menanam dukung program dari Walikota dan Wakil Walikota, kelurahan menanam, kita ikut berpartisipasi dan kontribusi, nantinya pekalongan menjadi lebih hijau dan bermanfaat,” pungkasnya.

Editor : Ribut Achwandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut