Warga Pesisir Waspada! Mulai Hari Ini Diprediksi Gelombang Tinggi

Muhammad Burhan
Warga daerah pesisir diminta waspada dengan poitensi gelombang tinggi mulai harai ini. Foto:iNews

JAKARTA, iNewsPantura.id - Warga pesisir di Perairan Indonesia diminta waspada karen ahari ini dan besok diprediksi berpotesi terjadinya gelombang tinggi. Peningkatan gelombang 1 sd 2 meter bisa terjadi di beberapa daerah pesisir.

Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia pada 9-10 Januari 2023.

Masyarakat terutama nelayan diimbau waspada. Berdasarkan analisis BMKG, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari barat daya-barat laut dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari barat daya-barat laut dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot.  

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan barat Enggano-Lampung, Laut Sulawesi dan perairan utara Papua Barat," tulis BMKG, Senin (9/1/2022). Kondisi ini menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang setinggi 1,25-2,5 meter di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan barat Pulau Simeulue-Kepulauan Mentawai, perairan Bengkulu, Samudra Hindia Barat Aceh-Kepulauan Mentawai, Selat Sumba, dan perairan Pulau Sawu-Rote.

Kemudian Laut Sawu, perairan selatan Flores, Laut Timor, Laut Natuna Utara, perairan Kepulauan Anambas-Kepulauan Natuna, Laut Sulawesi, perairan Kepulauan Sangihe-Kepulauan Talaud, Laut Maluku, perairan utara dan barat Halmahera, perairan utara Papua Barat-Papua, Samudra Pasifik utara Papua Barat-Papua, dan Laut Arafuru.
Untuk gelombang di kisaran lebih tinggi yakni 2,5-4 meter berpeluang terjadi di perairan Enggano-barat Lampung, Samudra Hindia barat Bengkulu-Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten-Pulau Sumbawa, Samudra Hindia selatan Jawa-NTB serta Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan.

Editor : Muhammad Burhan

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update