Sumber Kekayaan Volodymyr Zelenksy, Mantan Pelawak yang Jadi Presiden Ukraina 

Hadi Widodo
Sumber Kekayaan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenksy (Foto: Instagram)

JAKARTA - Sebelum menjadi Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenksy pernah menjadi seorang aktor dan komedian terkenal, lantas bagaimana dengan sumber kekayaan Volodymyr Zelenksy?

Dikutip dari thetelmanggo, perkiraan kekayaan bersihnya mencapai USD705 juta sekitar Rp10,08 triliun (kurs Rp14.300 per USD).

Selain itu, pendapatan tahunan Zelensky juga terus menunjukkan peningkatan tiap tahunnya. Untuk tahun ini, pendapatan Zelensky mencapai USD11 juta atau sekitar Rp158 miliar. Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar USD2 juta dari tahun sebelumnya.

Belum lama ini, Zelensky juga membeli Mercedes-Benz G-Class baru dengan harga USD370 ribu (Rp5,3 miliar).

Tak hanya itu, Zelensky juga memiliki koleksi Tesla Model S yang bernilai lebih dari USD100 ribu (Rp1,4 miliar).

Beberapa mobil lain yang dimiliki oleh Zelensky adalah Jaguar XF yang bernilai USD125 ribu (Rp1,7 miliar), Audi Q2 (USD80 ribu atau Rp1,1 miliar) dan BMW X9 (USD150 ribu atau Rp2,1 miliar).

Saat berusia 17 tahun, Zelensky mengikuti sebuah kompetisi komedi lokal yang kemudian merintis kariernya sebagai seorang aktor dan pelawak, membintangi sejumlah film laris di Ukraina. Pada 2015 dia membintangi serial televisi populer "Servant of the People" (Pelayan Rakyat), dimana dia berperan sebagai seorang guru sekolah yang terpilih menjadi presiden.

Berangkat dari kepopulerannya, pada Maret 2018 Zelensky terjun ke dunia politik, mendirikan partai politik Servant of People yang diambil dari nama serial televisi yang dibintanginya. Beberapa bulan kemudian, pada Desember 2018 dia maju sebagai calon presiden pada pemilihan umum Ukraina, menghadapi petahanan Petro Poroshenko yang tidak populer.

Pada April 2019 dia dinyatakan sebagai pemenang pemilu dan terpilih sebagai presiden Yahudi pertama Ukraina. Meski mengakui bahwa dirinya tidak religius, Zelensky beberapa kali merujuk identitas Yahudinya dan secara terbuka menyatakan solidaritas dengan Israel, menurut Times of Israel.

Perlu diketahui, Volodymyr Oleksandrovych Zelensky lahir di Kiev pada masa Uni Soviet, 25 Januari 1978 dari pasangan Yahudi Ukraina, Oleksandr Zelensky dan Rymma Zelenska. Kini Volodymyr Zelenksy tengah memimpin Ukraina menghadapi invasi dari pasukan Rusia.
 

Editor : Hadi Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network