Bakal Hilirisasi Besar-besaran, Jokowi Stop Ekspor Bahan Mentah!

Hadi Widodo
Presiden Jokowi bakal Stop Ekspor Bahan Mentah (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal menerapkan hilirisasi sumber daya alam (SDA) besar-besaran untuk menciptakan nilai tambah secara bertahap dari waktu ke waktu.

Jika tahapan itu berhasil maka dapat menciptkan banyaknya lapangan kerja dan memberi kekuatan untuk perekonomian domestik.

“Tahap demi tahap hilirisasi akan semakin tinggi, akan semakin meningkat, dan akan terus ini menggerakkan ekonomi serta menciptakan lapangan kerja di dalam negeri,” jelas Presiden dalam sambutan secara virtual pada CNBC Indonesia Economic Outlook 2022 di Jakarta, Selasa (22/3/2022).

Dia menerangkan kalau telah melakukan hilirisasi besar-besaran untuk upaya menciptakan nilai tambah ekonomi.

"Ekspor bahan baku, ekspor raw material (bahan mentah) kita setop, dan kita mendorong untuk hilirisasi di dalam negeri,” jelasnya.

Adapun, Presiden Jokowi menyebut empat fondasi perekonomian yang semakin baik di 2022. Dimana berlanjutnya hilirisasi, fondasi perekonomian lainnya adalah keberhasilan Indonesia menangani pandemi Covid-19 sehingga membuka peluang untuk melancarkan kegiatan ekonomi.

Dia berharap agar Indonesia terus menggerakkan roda-roda perekonomian meskipun pandemi Covid-19 menghadang selama 2020-2021.

“Salah satunya karena kita tidak pernah lockdown. Dan ini mempermudah untuk akselerasi perekonomian di tahun 2022,” harapnya.

Diketahui, untuk fondasi lain adalah dimulainya reformasi struktural perekonomian. Terlihat sebagai salah satu penanda reformasi struktural itu, ujar Presiden, adalah pemerintah dan DPR telah mengesahkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

“Diterbitkannya UU Cipta Kerja, dilakukannya penyederhanaan birokrasi untuk investasi, merupakan fondasi besar yang hasilnya kita mulai lihat, kita mulai nikmati di tahun 2022 ini,” tegasnya.

Sementara pada fondasi selanjutnya perkembangan ekonomi digital di Indonesia. Artinya, infrastruktur ekonomi digital semakin meluas dan kondusif untuk mendukung ekosistem masyarakat digital.

“Fondasi ekonomi digital sebagai basis ekonomi baru juga sudah cukup kuat di tahun lalu. Telah lahir decacorn, telah bertambah terus jumlah unicorn di dalam negeri,” ungkapnya.

Terakhir Presiden Jokowi meyakini bahwa dengan berbagai fondasi itu dapat mengakselerasi pemulihan perekonomian pada 2022.

Editor : Hadi Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network