Selain Pemandangan Surganya, Ini 3 Keunggulan Sirkuit Mandalika Dibandingkan Sirkuit Buriram

Hadi Widodo
3 Keunggulan Sirkuit Mandalika Dibandingkan Sirkuit Buriram (Foto: Okezone)

Sirkuit Mandalika memiliki berbagai keunggulan dibanding Sirkuit Buriram, berikut ulasannya.

Ajang Balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika sudah rampung digelar pada pertengahan Maret lalu, di mana Miguel Oliveira dari KTM Red Bull yang keluar menjadi pemenang.

Balapan yang digelar di Sirkuit Mandalika pun mendapat sorotan besar karena beragam hal yang tersaji di sana, utamanya terkait sirkuit. Sirkuit di sana dinilai memiliki keunggulan dari trek-trek lainnya, termasuk Sirkuit Buriram yang terdapat di Thailand.

Lalu, apa saja keunggulan itu? Berikut Okezone rangkum 3 keunggulan Sirkuit Mandalika ketimbang Sirkuit Buriram.

1. Panorama yang Lebih Memukau

Terakhir, keunggulan berkaitan dengan panorama. Ya, sudah bukan rahasia lagi bahwa Sirkuit Mandalika memiliki panorama yang sangat memukau berupa hamparan alam yang indah.

Sirkuit Mandalika memang dibangun di dekat gunung dan juga pantai. Tak ayal, pemandangan yang tersaji dalam balapan adalah pemandangan alam indah. Sirkuit Mandalika pun didesain green alias sirkuit hijau. Jadi, ada banyak tanaman pula di arena balapan ini.

Hal ini jadi perbedaan mencolok dengan Sirkuit Buriram. Sebab, tak berada di dekat pantai hingga pegunungan.

2. Sirkuit Lebih Menantang

Kemudian, keunggulan dari Sirkuit Mandalika ketimbang Buriram adalah kondisi trek lebih menantang. Dalam sebuah wawancara, Valentino Rossi pernah menyebut bahwa Sirkuit Buriram kurang menarik karena tak menantang. Sirkuit Buriram juga dinilai membosankan karena banyak memiliki trek lurus ketimbang tikungan.

"Sirkuit Buriram sangat membosankan, di sana hampir tak ada tikungan dan hanya ada trek lurus panjang," jelas Rossi, sebagaimana dikutip dari Marca.

Sementara di Sirkuit Mandalika, kondisi trek dinilai lebih menantang. Sirkuit ini sendiri punya panjang total 4,3 km, dengan 6 tikungan ke kiri dan 11 tikungan ke kanan.

Sejumlah tikungan dinilai menghadirkan tantangan lebih. Hal itu pun turut diakui oleh Marc Marquez dalam sebuah wawancara kala berada di Sirkuit Mandalika.

"(Bagian paling menantang) tikungan 5, 6, dan 7. Ini adalah belokan ke kanan sebanyak tiga kali. Sangat cepat dan kecepatan motor juga meningkat terus dan itu bagi saya sangat sulit," jelasnya, sebagaimana dilansir dari laman resmi Repsol Honda.

3. Aspal

Sejak Sirkuit Mandalika dibangun, perhatian besar tertuju pada aspal yang terdapat di trek ini. Sebab, Sirkuit Mandalika diketahui menggunakan teknologi aspal yang canggih bernama Stone Mastic Asphalt (SMA).

Jenis aspal ini sendiri baru digunakan di tiga trek di dunia. Ketiga sirkuit itu adalah Silverstone (Inggris), Yas Marina (Abu Dhabi), dan Phillip Island (Australia). Jadi, aspal di Mandalika dipastikan berbeda dengan Sirkuit Buriram.

Dengan menggunakan Stone Mastic Asphalt, risiko kecelakaan di Sirkuit Mandalika menjadi lebih berkurang. Sebab, Stone Mastic Asphalt disebut antilicin meski saat hujan. Alhasil, para pembalap diharapkan tidak mudah tergelincir.

Editor : Hadi Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network