4 Rahasia Surat Al Qadr yang Perlu Diketahui, Pahalanya seperti Menghidupkan Malam Lailatul Qadr

Hadi Widodo
Ilustrasi

JAKARTA, iNews.id - Surat Al Qadr ternyata juga memiliki banyak rahasia dan keutamaan, karena itu, Muslim dianjurkan rutin membaca dan menghafalkannya.

Surat Al-Qadr mengisahkan keutamaan malam Lailatul Qadar yakni malam diturunkannya Alquran. Lailatul Qadar juga disebut sebagai malam kemuliaan yang lebih baik dari malam 1.000 bulan.

Di malam Lailatul Qadar, para malaikat dipimpin Malaikat Jibril alaihisalam turun ke bumi dan memberikan salam kepada orang-orang yang berdiam diri atau i'tikaf dan beribadah di masjid hingga fajar tiba.

Berikut teks lengkap Surat Al Qadar, Latin, Arab dan Arti:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (1) 

Latin : Innaa anzalnaahu fii lailatil qadri

وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (2)

Latin : Wamaa adraaka maa lailatul qadr, 

 لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3)

Latin: Lailatul qadri khairun min alfi syahrin

 تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (4)

Latin: tanazzalul malaaaikatu war ruuhu fiiha bi idzni rabbihim min kulli amrin, 

(5) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ 

Latin: Salaamun hiya hattaa mathla'il fajri

Artinya: Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar". (QS. Al Qadr: 1-5).

Rahasia Surat Al Qadr

Selain menjelaskan tentang keutamaan malam Lailatul Qadar dan turunnya Al Quran, Surat Al Qadr ternyata menyimpan banyak rahasia keutamaan di dalamnya.

Berikut 4 Rahasia Surat Al Qadr yang perlu diketahui Muslim untuk diamalkan:

1. Dibacakan ke Anak Baru Lahir agar Terhindar dari Zina

Rahasia Surah Al Qadr adalah apabila dibaca pada anak yang baru dilahirkan, sebagaimana dikutip dari laman bincangsyariah anak tersebut akan terhindar dari perbuatan zina selama hidupnya.

Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Syaikh Abu Bakr Syatha dalam kitab kitab I’anatut Thalibin berikut;

ونقل عن الشيخ الديربي أنه يسن أن يقرأ في أذن المولود اليمنى: (إنا أنزلناه) لأن من فعل به ذلك لم يقدر الله عليه زنا طول عمره.

Dinukil dari Syaikh Al-Dairabi bahwa disunnahkan untuk dibacakan pada telinga kanan anak yang baru dilahirkan surah ‘Innaa anzalnaahu’ (surah Al-Qadr). Karena orang yang melakukan hal tersebut pada anak yang baru dilahirkan, maka anak tersebut tidak ditakdirkan oleh Allah untuk melakukan zina selama hidupnya.

2. Pahalanya seperti menghidupkan Malam Lailatul Qadr

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca surah Al Qadr, pahalanya sama dengan orang yang berpuasa di bulan Ramadhan dan menghidupkan malam (Lailatul Qadr)” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5: 613)

3. Diampuni Dosa

Imam Ja’far Shadiq berkata: “Barangsiapa yang membaca surah Al Qadr di dalam shalat-shalat fardhunya, malaikat memanggilnya: Wahai hamba Allah, Allah telah mengampuni dosamu yang lalu, maka mulailah amalmu yang baru.” (Tafsir Ats-Tsaqalayn 5: 612). 

4. Dapat Cucuran Rahmat Malaikat

Imam Muhammad Al Baqir berkata: “Tidak ada seorang pun hamba yang membaca surah Al Qadr tujuh kali setelah shalat Subuh, selain para malaikat bershalawat kepadanya sebanyak 70 shalawat dan mencurahkan rahmat kepadanya 70 rahmat.” (Mafatihul Jinan: 79) 

Wallahu A'lam.

Editor : Hadi Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network