Penyelenggaraan Syawalan Perlu Pengaturan

Ribut Achwandi
Walikota Pekalongan, H. Ahmad Afzan Arslan Djunaid memimpin rakor soal Pelaksanaan Tradisi Syawalan.

PEKALONGAN, iNews - Sekalipun telah mendapatkan lampu hijau, pelaksanaan tradisi Syawalan perlu menerapkan sejumlah aturan. Hal inilah yang kemudian menjadi perhatian Pemerintah Kota Pekalongan saat rapat koordinasi persiapan kegiatan tradisi Syawalan yang digelar di Ruang Jetayu, Kantor Sekda Kota Pekalongan, Rabu (27/4/2022).

Di hadapan peserta rapat, Walikota Pekalongan, H. Ahmad Afzan Arslan Djunaid mengungkapkan, pelaksanaan tradisi Syawalan mesti menaati beberapa aturan. Di antaranya pengaturan lalu lintas, penerbangan balon liar, penggunaan petasan dan kembang api.

Untuk alasan itu, Walikota Pekalongan juga meminta kepada seluruh jajarannya, Polri, TNI, dan juga masyarakat agar tetap berkoordinasi dengan sebaik mungkin dalam melaksanakan aturan tersebut. Ia menjelaskan, aturan tersebut semata-mata untuk memberi rasa kenyamanan dan keamanan warga. 

Sementara itu, Sekda Kota Pekalongan, Sri Ruminingsih menyatakan, tugas dan kewajiban Pemerintah Kota Pekalongan di dalam penyelenggaraan tradisi Syawalan yang diselenggarakan warga tidak lain hanya sebagai fasilitator. Sudah sewajarnya jika di dalam penyelenggaraan tradisi tersebut Pemerintah Kota Pekalongan mendukung kegiatan tersebut.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Pekalongan berharap agar penyelenggaraan tradisi Syawalan dapat dilaksanakan dengan aman dan tertib. 

"Tadi kita sudah selenggarakan rapat koordinasi, kita sudah pantau dari semua persiapan yang ada, karena ini memang penyelenggaranya murni dari masyarakat dan kita selaku pemerintah harus mendukung dan memfasilitasi,” kata Sekda Ning sapaan akrabnya.

Sri Ruminingsih juga berharap, seluruh elemen masyarakat maupun jajaran pemerintah dapat bekerjasama demi menjaga kondusifitas kegiatan tersebut. Terutama, di dalam penerapan protokol kesehatan.

“Dengan keterbatasan yang ada sudah dilakukan koordinasi, semoga semua bisa berjalan lancar, dan kita selaku pemerintah harus memfasilitasi. Mudah-mudahan masyarakat bisa saling kerja sama sehingga semua bisa berjalan kondusif dan taat prokes,” tandasnya.

Dalam rapat koordinasi tersebut, tampak hadir perwakilan dari TNI dan Polri, Satpol P3KP, Dinas Kesehatan, Camat, Lurah, penyelenggara Syawalan dan tamu undangan lainnya.

Editor : Ribut Achwandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network